PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nuriyanti Nuriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IX-8 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Populasi di dalam penelitian adalah siswa kelas IX-8 SMP Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan bulan Noember 2017. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap-tahap antara lain rencana, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa. Sebelum PTK hasil belajar siswa mencapai 72.5. pencapaian tersebut belum mancapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 79. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 80.4 dan pada siklus II meningkat menjadi 84.3. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IX-8 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018

Keywords


Talking Stick, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter