PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Mery Siregar

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-5 SMP Negeri 12 Pekanbaru sebanyak 39 siswa, yakni terdiri dari 21 orang pria dan 18 orang wanita dengan kemampuan yang heterogen. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas IX-5SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018 bulan September sampai dengan Oktober 2017. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IX-5 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Hasil belajar sebelum PTK adalah 71.0  Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 79.5 dan pada pertemuan 2 adalah 81.3. Hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan 3 adalah 83.8 dan pada pertemuan 4 adalah 86.2

Keywords


Audio Visual, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter