PENGUNAAN MEDIA BAHAN AJAR HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nurhaida Nurhaida

Abstract


Penelitian ini dimulai dari bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan November 2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-1 SMP Negeri 12 Pekanbaru pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017/2018. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 12 Pekanbaru. Jumlah siswa 37 orang, terdiri dari 18 orang putra dan 19 orang putri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan KelasHasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengunaan media bahan ajar handout dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Hasil belajar sebelum PTK memperoleh 69.2 dengan kategori kurang. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 77.3 dengan kategori cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 81.1 dengan kategori baik

Keywords


Handout, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter