PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Agusna Mulyanti

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode guided inquiry. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IX-7 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Sebelum PTK hasil belajar siswa adalah 73.3 dengan kategori kurang dan ketuntasan klasikal sebesar 64.1% dengan kategori tidak tuntas. Pada siklus I pertemuan 1 hasil belajar siswa adalah 78.9 dengan kategori cukup dan ketuntasan klasikal sebesar 87.2% dengan kategori tuntas dan pada pertemuan 2 hasil belajar siswa adalah 81.8 dengan kategori cukup dan ketuntasan klasikal sebesar 92.3% dengan kategori tuntas. Pada siklus II pertemuan 3 hasil belajar siswa adalah 84.1 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal sebesar 94.9% dengan kategori tuntas dan pada pertemuan 4 hasil belajar siswa adalah 84.9 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal sebesar 97.4% dengan kategori tuntas

Keywords


Guided Inquiry, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter