PELAKSANAAN KONSELING BEHAVIOUR TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN SELF ACCEPTANCE PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Sarmariahni Saragih

Abstract


Tujuan penelitian untuk meningkatkan self acceptance melalui pelaksanan konseling behaviour teknik modeling simbolik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-4 SMP Negeri 12 Pekanbaru pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dimulai dari bulan September 2017 sampai dengan bulan Oktober 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas VII-4 SMP Negeri 12 Pekanbaru. Jumlah siswa 37 orang siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 6 orang siswa yang memiliki self acceptance yang paling rendah. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pelaksanaan konseling behaviour teknik modeling simbolik dapat meningkatkan self acceptance pada siswa kelas VII-4 SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun pelajaran 2017/2018. Hasil observasi self acceptance sebelum PTK adalah 29.6% dengan kategori sangat kurang. Pada siklus I hasil observasi self acceptance siswa memperoleh 61.1% dengan kategori cukup. Pada siklus II hasil observasi self acceptance siswa memperoleh 77.8% dengan kategori baik

Keywords


Behavior, Modeling Simbolik, Self Acceptance

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter