PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Kusmini Herti

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VII.A SMP Negeri 18 Pekanbaru dengan menggunakan metode group investigation. Hal ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan pada bulan Maret 2017 sampai April 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.A, yang berjumlah 41 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan melaksanakan kuis setiap akhir pertemuan dengan teknik analisis data deskriptif. Sebelum PTK hasil belajar siswa adalah 70.7. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 77.8. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 2 adalah 78.8. Hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan 3 adalah 80.0. Hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan 4 adalah 82.2. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode group investigation dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII.A SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/ 2017

Keywords


Group Investigation, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter