PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Rinda Sitanggang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya pada siswa kelas IX.B SMP Negeri 33 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX.B SMP Negeri 33 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017 pada bulan Februari sampai dengan Maret 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.B SMP Negeri 33 Pekanbaru sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 16 orang putra dan 17 orang putri dengan kemampuan yang heterogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya pada siswa kelas IX.B SMP Negeri 33 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Hasil belajar sebelum PTK adalah 72.4 dengan ketuntasan klasikal adalah 60.6%. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 adalah 80.0 dengan ketuntasan klasikal adalah 87.9%. Hasil belajar siklus I pertemuan 2 adalah 82.4 dengan ketuntasan klasikal adalah 90.9%. Hasil belajar siklus II pertemuan 3 adalah 85.2 dengan ketuntasan klasikal adalah 93.9%. Hasil belajar siklus II pertemuan 4 adalah 86.9 dengan ketuntasan klasikal adalah 96.9%

Keywords


Demonstrasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter