PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA

Oneng Zifa

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas IX-5SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018 bulan Oktober sampai dengan November 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-5 SMP Negeri 12 Pekanbaru sebanyak 39 siswa, yakni terdiri dari 21 orang pria dan 18 orang wanita dengan kemampuan yang heterogen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).  Hasil belajar sebelum PTK adalah 72.1  dengan kategori kurang. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 80 dengan kategori cukup dan pada pertemuan 2 adalah 81.5 dengan kategori cukup. Hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan 3 adalah 84.1 dengan kategori cukup dan pada pertemuan 4 adalah 86.9 dengan kategori baik. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas IX-5 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018

Keywords


Kooperatif, Peta Konsep, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter