PELAKSANAAN PROGRAM ROHANI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 24 PEKANBARU

Abdul Gani

Abstract


Menurunnya nilai-nilai religius siswa terlihat dari sikap tidak pedulinya siswa terhadap suara azan yang bergema, kurangnya sikap saling menghormati antar sesame siswa dan masih terdapat siswa yang tidak melaksanakan sholat zhuhur berjamaah, tetapi malah duduk di kantin ketika waktu zhuhur telah tiba. Untuk menanamkan kembali nilai-nilai religius siswa, maka kegiatan Rohis ini perlu lebih diaktifkan lagi di SMP Negeri 24 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 24 Pekanbaru pada tahun 2017. Penelitian ini dimulai dari bulan Februari 2017 sampai dengan bulan Maret 2017. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah siswa yang berdasarkan hasil observasi memperoleh kategori nilai religius yang rendah sebanyak 12 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Hasil penelitian tindakan sekolah ini adalah pelaksanaan program rohani islam untuk meningkatkan nilai religius siswa di SMP Negeri 24 Pekanbaru tahun 2017. Hasil observasi nilai-nilai religius siswa sebelum PTS adalah 21.6% dengan kategori sangat kurang. Hasil observasi nilai-nilai religius siswa siklus I adalah 55% dengan kategori cukup. Pada siklus II hasil observasi nilai-nilai religius siswa sebesar 83.3% dengan kategori baik

Keywords


Rohani Islam, Nilai-Nilai Religius

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter