PENERAPAN METODE ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Hilmawati Hilmawati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode round table dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IX.C SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX.C SMP Negeri 18 Pekanbaru yang berjumlah 40 orang siswa yaitu 16 orang siswa putra dan 24 orang siswa putri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil analisis data deskritif tentang hasil belajar siswa sebelum PTK yaitu 72.0. Setelah PTK pada siklus I sebesar 82.5. Pada siklus II sebesar 86.8. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode round table dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IX.C SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017

Keywords


Round Table, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter