MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN PENGALAMAN BELAJAR SISWA DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI MELALUI MEDIA BERGAMBAR

Nasri Nasri

Abstract


Penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  dengan  menggunakan media bergambar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 001 Pendalian Kec. Pendalian IV Koto, yang bertujuan   untuk   meningkatkan   kemampuan pengalaman belajar siswa dalam penggunaan tekhnologi trasportasi di kelas IV. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Rendahnya hasil belajar siswa pada materi tekhnologi transportasi, rendahnya kemampuan siwa memahami  materi pelajaran  IPS,  penggunaan  metode  yang belum tepat pada pembelajaran IPS.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 001 Pendalian Kec. Pendalian IV Koto T.A 2016/2017 sebanyak 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa dengan menggunakan  media (gambar) dapat meningkatkan kemampuan pengalaman belajar siswa dalam penggunaan teknologi transportasi kelas IV SD Negeri 001.  Adapun peningkatannya adalah pada saat tes awal nilai rata-rata  48,92 dengan  6 siswa  yang mengalami ketuntasan  (21,5%)  dan 16  siswa  yang  belum  tuntas  (78,5%)  dari  keseluruhan siswa. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan media benda (gambar) nilai rata-rata meningkat 7,5 dari nilai awal menjadi 56,42 pada siklus I dengan 13 siswa yang  mengalami  ketuntasan  (46,5%)  dan 15  siswa  yang belum  tuntas  (53,5%). Setelah dilakukan  perbaikan  pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat  16,08 dari  siklus  I  menjadi  72,5  pada  siklus  II  dengan  23  siswa    yang  mengalami ketuntasan (82%) dan 5 siswa yang belum tuntas (18%). Berdasarkan hasil di atas, terbukti bahwa penggunaan media bergambar dapat meningkatkan kemampuan pengalaman belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan media bergambar dapat  meningkatkan  kemampuan  pengalaman belajar siswa dikelas IV SD Negeri 001 Pendalian Kec. Pendalian IV Koto

Keywords


Media Bergambar, Kemampuan, Pengalaman Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter