PENERAPAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Fauziah Fauziah

Abstract


Penelitian ini tujuan untuk mengetahui penerapan metode examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VII.A SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII.A SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017 pada bulan Januari sampai dengan Februari 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.A SMP Negeri 18 Pekanbaru sebanyak 41 siswa yang terdiri dari 23 orang putra dan 18 orang putri dengan kemampuan yang heterogen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil analisis data pada penelitian adalah hasil belajar siswa sebelum PTK yaitu 70.9. Setelah PTK pada siklus I sebesar 82.8. Pada siklus II sebesar 88.0, terbukti bahwa penerapan metode examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VII.A SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017

Keywords


Examples Non Examples, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter