PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIDATO MELALUI PENERAPAN MODEL DEMONSTRASI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Zulnismarty Zulnismarty

Abstract


Pembelajaran berpidato di kelas IX.D SMP N 33 Pekanbaru belum lagi berhasil hal ini diketahui dari tes kemampuan awal dengan nilai rata-rata 68,63. Rendahnya tingkat kemampuan berpidato tersebut tentunya karena pembelajaran belum di kelola dengan baik serta belum tepatnya pilihan model pembelajaran yang diterapkan. Model demonstrasi diyakini dapat dijadikan salah satu upaya meningkatkan kemampuan berpidato siswa. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang terfokus pada permasalahan di kelas dengan tujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru. Sasaran akhirnya adalah meningkatnya kemampuan berpidato siswa setelah diterapkan model demonstrasi. Instument pengumpul data yang dipilih adalah tes menulis naskah pidato dilanjutkan dengan penampilan berpidato, lembar observasi, rubrik penilaian serta dokumentasi rekaman jalannya proses tindakan. Tahapan penelitian dilaksanakan dengan empat langkah yakni : yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Penelitian berlangsung dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menujukan bahwa penerapan model demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan berpidato siswa kelas IX.D. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) telah tercapai pada pertemuan ke dua siklus II dengan nilai rata-rata 81,69, jumlah siswa yang tuntas 26 orang atau 78,79%. Aktivitas mengajar guru juga mengalami peningkatan hingga mencapai 84,44 persen pada akhir siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa di akhir siklus II yakni 91,5%. Keberhasilan peningkatan kemampuan berpidato siswa didukung oleh pilihan model pembelajaran yang tepat, langkah-langkah pembelajaran yang sistematis serta aktivitas belajar mengajar yang terkondisi dengan baik. Model demonstrasi berhasil menjadikan siswa terampil berpidato dari segi kebahasaan maupun nonkebahasaan

Keywords


Bepidato, Demonstrasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter