UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI DI SEKOLAH DASAR

Ahmad Husni

Abstract


Pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus pada seluruh siswa kelas V SD Negeri 011 Pulau Mungkur sebanyak 24 orang siswa yaitu 10 siswa laki-laki da 14 siswa perempuan. Tujuan diadakan perbaikan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tindakan metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas siswa untuk menyerap dan memahami pengetahuan tentang pembelajaran PKn yaitu pada siklus pertama diperoleh hasil rata-rata 41,6% dan pada siklus II meningkat yaitu 75%. Disiplin siswa selama proses kegiatan belajar dilaksanakan menunjukkan peningkatan yaitu dari 45,7% sampai 79,1%. Kerjasama siswa dalam melaksanakan kegiatan mengalami peningkatan yaitu 41,6% menjadi 83,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa

Keywords


Metode Diskusi, Hasil Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter