PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Zamhuri Zamhuri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas 9.1 SMP Negeri 6 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 9.1 SMP Negeri 6 Pekanbaru pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dimulai dari bulan Agustus 2017 sampai dengan bulan September 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas 9.1 SMP Negeri 6 Pekanbaru. Jumlah siswa sebanyak 31 orang yang terdiri dari 17 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki yang mempunyai kemampuan heterogen. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 9.1 SMP Negeri 6 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Hasil belajar sebelum PTK adalah 73.2 dengan kategori kurang. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 adalah 81.3 dengan kategori cukup dan pada pertemuan sebesar 83.2 dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 3 hasil belajarnya sebesar 85.8 dengan kategori baik dan pada pertemuan 4 sebesar 87.4 dengan kategori baik

Keywords


Diskusi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter