PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn

Kasman Rahman

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Benai Kabupaten Kuantan Singingi yang terdiri dari 29 orang siswa, 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus sampai November 2011. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PKn siswa dengan menggunakan pembelajaran model take and give. Parameter yang diukur adalah aktivitas siswa, aktivitas guru dan motivasi siswa. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian tindakan menunjukkan penggunaan model pembelajaran take and give pada siklus II tersebut bahwa motivasi belajar siswa pada siklus II mencapai skor 144 dengan kategori sangat tinggi berada pada rentang 130,6 – 174 dan naik sebesar 44 poin dari siklus I dengan skor 100 dengan kategori tinggi berada pada rentang 88 – 130,5, dengan rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus II untuk indikator motivasi belajar sebesar 82,7%, dibandingkan siklus I sebesar 57,5%. Berdasarkan hasil analisa data dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran take and give dapat meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Benai Kabupaten Kuantan Singingi

Keywords


Take and Give, Motivasi Siswa, PKn

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter