PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG SISWA

Aripin Aripin

Abstract


Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 011 Pulau Mungkur Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Metode pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa  adalah melalui pendekatan kontekstual dengan teknik objek langsung. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi yang dilakukan pada tes awal adalah 51,43 atau berkategori rendah. Kemampuan siswa dalam menulis puisi yang dilakukan pada siklus I adalah 68,90 atau berkategori rendah. Kemampuan siswa dalam menulis puisi yang dilakukan pada siklus II adalah 75,80 atau berkategori sedang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendekatan kontekstual dengan teknik objek langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa

Keywords


Kontekstual, Teknik Objek Langsung, Menulis Puisi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter