INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPA DAN IPS

Gustinawati Gustinawati

Abstract


Judul Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Inovasi Pembelajaran Kontekstual Pada Pembelajaran IPA dan IPS kelas III. Perbaikan pembelajaran ini dilakukan di kelas III SD Negeri 019 Muara Petai Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Mata pelajaran yang menjadi penelitian adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemajuan yang dicapai dari hasil perbaikan proses pembelajaran IPA dan IPS di kelas III dan untuk meningkatkan profesional guru yang melakukan tindakan perbaikan pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah inovasi sumber belajar berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan prestasi. Setelah melakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari data awalnya ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II untuk masing-masing mata pelajaran. Pada mata pelajaran IPA, nilai rata-rata siswa pada data awal hanya 60,80 dan persentase ketuntasannya hanya 64,18%. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71,65 dan persentase ketuntasannya 90,90%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 77,55 dan persentase ketuntasannya 95,45%. Peningkatan hasil belajar ini juga terjadi pada mata pelajaran IPS, dimana nilai rata-rata siswa pada data awal hanya 56,77 dan persentase ketuntasannya hanya 54,54%. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70,43 dan persentase ketuntasannya 81,81%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 72,76 dan persentase ketuntasannya 90,90%

Keywords


Inovasi, Belajar Berbasis Kontekstual, IPA, IPS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter