PENGARUH PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Asriati Asriati

Abstract


Perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 005 Banjar Guntung Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi yang terdiri dari 30 orang siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan untuk perubahan dan peningkatan praktek pembelajaran secara berkesinambungan yang pada dasarnya melihat pada terlaksananya misi profesional pendidikan yang diemban oleh guru dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode diskusi kelompok. Dari hasil penelitan diperoleh hasil bahwa rentang nilai yang diperoleh siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam mengalami peningkatan, dengan begitu jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas nilai standar pun semakin meningkat. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa tujuan dari penelitian tersebut berhasil dilaksanakan

Keywords


Diskusi Kelompok, Bahasa Indonesia, IPA

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter