PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Devi Nettriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar Biologi pada siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Kuok Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Kuok pada semester genap tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dimulai dari bulan Maret 2016 sampai dengan bulan April 2016. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Kuok. Jumlah siswa 20 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar Biologi pada siswa kelas IX-IPA SMA Negeri 2 Kuok dengan penerapan metode pembelajaran mind mapping. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Kuok tahun pelajaran 2015/2016. Hasil belajar sebelum PTK adalah 69 dengan ketuntasan individu 11 orang dan ketuntasan klasikal adalah 55%. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 adalah 79 dengan ketuntasan individu 17 orang dan ketuntasan klasikal adalah 85%. Hasil belajar siklus I pertemuan 2 adalah 81 dengan ketuntasan individu 18 orang dan ketuntasan klasikal adalah 90%. Hasil belajar siklus II pertemuan 3 adalah 84 dengan ketuntasan individu 19 orang dan ketuntasan klasikal adalah 95%. Hasil belajar siklus II pertemuan 4 adalah 86.5 dengan ketuntasan individu 19 orang siswa dan ketuntasan klasikal adalah 95%.

Keywords


Mind Mapping, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter