PENERAPAN METODE BOX-JENKINS UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUSKA RIAU

Ari Pani Desvina

Abstract


Jumlah mahasiswa suatu perguruan tinggi mengalami peningkatan dan penurunan seperti di UIN Suska Riau, dengan demikian perlu adanya prediksi atau peramalan untuk mengetahui jumlah mahasiswa UIN Suska Riau setiap tahunnya, agar semua kebijakan dan keputusan dalam menyusun perencanaan ke depan dapat terpenuhi dengan baik sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran UIN Suska Riau. Penelitian ini membahas tentang trend data jumlah mahasiswa UIN Suska Riau, dan menemukan model terbaik untuk data jumlah mahasiswa tersebut, serta menentukan hasil estimasi jumlah mahasiswa UIN Suska Riau pada waktu yang akan datang. Data pengamatan yang digunakan adalah data jumlah mahasiswa UIN Suska Riau dari Tahun Akademik 1966/1967 sampai 2012/2013. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Box-Jenkins. Dalam membangun model pada metode Box-Jenkins terdiri dari empat langkah dasar, yaitu langkah identifikasi model, estimasi parameter model, pemeriksaan diagnostik dan prediksi. Hasil analisis pada penelitian ini mendapatkan model terbaik untuk data jumlah mahasiswa UIN Suska Riau yaitu model ARIMA(0,2,3), dan model ini dapat digunakan untuk analisis prediksi jumlah mahasiswa untuk 10 tahun yang akan datang. Hasil prediksi menunjukkan bahwa adanya peningkatan jumlah jumlah mahasiswa UIN Suska Riau dari Tahun Akademik 2013/2014 sampai 2022/2023 jika dibandingkan dari waktu sebelumnya

Keywords


ARIMA, Box-Jenkins, jumlah mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Aulia, Z. (2010). “Analisis Jumlah Calon Mahasiswa Baru Tahun 2010 di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara”. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.

Bierens, H.J. (2006). Information Criteria and Model Selection. Pennsylvania State University, Pennsylvania.

Bowerman, B.L., O’Connell, R.T. & Koehler, A.B. (2005). Forecasting, Time Series, Regression An applied approach, 4th ed. Thomson Brooks/cole, Belmont, CA.

BPPM UIN Suska Riau. (2008). Profil Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. UIN Suska Riau. Pekanbaru.

Brocklebank, J.C. & David, A.D. (2003). SAS for Forecasting Time Series, 2th Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Cryer, J.D. & Kung, S.C. (2008). Time Series Analysis with Applications in R. Springer Dordrecht Heidelberg London, New York.

Hazaki, H., Joko, L.B. & Anny, Y. (2010). “Aplikasi untuk Prediksi Jumlah Mahasiswa Pengambil Mata Kuliah dengan Menggunakan Algoritma Genetika (Studi Kasus di Jurusan Teknik Informatika ITS)”. Jurusan Teknik Informatika ITS. Surabaya.

Maddala, G.S. (1992). Introduction to Econometrics. Edisi ke-2. New York: Macmillan Publishing Company.

Pani, A. D. (2010). “Analisis Time Series Pencemaran Udara oleh Particulate Matter (PM10)”. Jurnal Sitekin. Volume 9, No.1 Desember 2010.

Rahanimi & M. Isa, I. (2010). “Peramalan Jumlah Mahasiswa Pendaftar PMDK Jurusan Matematika Menggunakan Metode Automatic Clustering dan Relasi Logika Fuzzy (Studi Kasus di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)”. ITS. Surabaya.

Vandaele, W. (1983). Applield Time Series and Box-Jenkins Models. Academic Press, Inc, New York.

Wai, H.M., Teo, K. & Yee, K.M. (2008). FDI and Economic Growth Relationship: An Empirical Study on Malaysia. International Business Research, 1:2: 11-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v12i1.777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php