ANALISA SISTEM KENDALI FREKUENSI TENAGA LISTRIK DENGAN METODA H~ DENGAN PENDEKATAN MIXED SENSITIVITY

Heru Dibyo Laksono, Rahmayane Rahmayane

Abstract


Jurnal ini membahas tentang analisa sistem kendali frekuensi tenaga listrik dengan metoda H~ dengan pendekatan mixed sensitivity. Sistem kendali frekuensi tenaga listrikini merupakan subsistem tenaga listrik yang yang paling berpengaruh terhadap sistem tenaga listrik baik dalam kondisi normal maupun dalam kondisi gangguan. Salah satu gangguan yang sering terjadi pada sistem tenaga listrik adalah perubahan beban secara mendadak. Perubahan beban secara mendadak menyebabkan terjadinya penurunan maupun peningkatan nilai frekuensi disekitar titik operasinya. Dengan menggunakan metoda H~ pendekatan mixed sensitivity dilakukan analisa tanggapan deviasi frekuensi sistem kendali tenaga listrik. Analisa yang dilakukan meliputi analisa performansi dalam domain waktu, analisa performansi dalam domain frekuensi, analisa kestabilan dan analisa kekokohan berdasarkan kriteria peracangan yang telah ditetapkan. Untuk analisa performansi dalam domain waktu meliputi analisa kesalahan dan analisa peralihan. Untuk analisa kesalahan diperoleh nilai sebesar 0.0478. Untuk analisa peralihan diperoleh waktu naik sebesar 0.0978 detik, waktu keadaan mantap sebesar 1.9500 detik, waktu puncak sebesar 0.1985 detik dan lewatan maksimum sebesar 3.7220 %. Untuk analisa performansi dalam domain frekuensi terdiri dari performansi lingkar terbuka dan performansi lingkar tertutup. Untuk performansi lingkar terbuka ditunjukkan dengan nilai margin penguatan sebesar 13.3149 (22.4868 dB) dan untuk performansi lingkar tertutup ditunjukkan oleh lebar pita dengan nilai 20.6000 rad/detik. Untuk analisa kestabilan dilakukan dengan menggunakan persamaan karakteristik dan tanggapan deviasi frekuensi sistem kendali tenaga listrik bersifat stabil. Untuk analisa kekokohan dilakukan dengan kriteria puncak maksimum yang terdiri dari nilai puncak maksimum sensitivitas dengan nilai sebesar 1.0042 dan nilai puncak maksimum sensitivitas komplementer dengan nilai sebesar 0.0526.

Keywords


kendali frekuensi, metoda H~, performansi, kestabilan, kekokohan

Full Text:

PDF

References


Ajit K Mandal . (2006). Introduction To Control Engineering . India : New Age International.

Ikhe, A., & Anand, K. (2013). "Load Frequency Control For Interconnected Power System Using Different Controllers" , Journal of Theoretical and Applied Information Technology,1(4), 85 - 89.

Kuo, B. C. (1983). Automatic Control Systems. New Delhi : Prentice Hall.

Nise, N. S. (2004). Control System Engineering . Ottawa: John Wiley and Sons.

Ogata, K. (1996). Teknik Kontrol Automatik. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Parmar, K. Singh., S. Majhi., & D. Kothari. (2012). "Improvement of Dynamic Performance of LFC of The Two Area Power System : An Analysis Using Matlab" International Journal of Computer Applications, 40(10), 28 - 32.

Saadat, H. (1999). Power System Analysis. New York: McGraw Hill.

Shah, N. N., Chafekar, A. D., Mehta, D. N., & Suthar , A. R. (2012). "Automatic Load Frequency Control of Two Area Power System With Conventional dan Fuzzy Logic Control ". IJRET, 1(3), 343 - 347.

Skogestad, S., & Postlethwaite, I. (1996). Multivariable Feedback Control Analysis and Design . New York : McGraw Hill.

Xue, D., Chen , Y. Q., & Atherton , D. P. (2007). Linear Feedback Control : Analysis and Design With Matlab. Philadelphia : SIAM.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v11i2.750

Refbacks



Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php