PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK ANYAMAN PANDAN

Dewi Diniaty, Agusrinal Agusrinal

Abstract


Strategi pemasaran dapat menentukan alternatif tindakan yang memungkinkan perusahaan mencapai misi dan dan tujuan dengan cara terbaik. Home Industry Saiyo Sakato merupakan industri rumahan kerajinan tangan yang mengolah pandan menjadi sebuah produk yang dapat dipasarkan. Usaha pengembangan Home Industry dalam upaya meningkatkan daya saing mengalami kendala, baik dari pemasaran maupun yang lainnya, seperti, target penjualan tidak tercapai, keuntungan yang diinginkan dan menurunnya penjualan jenis item produk serta tidak merata penjualan setiap item produk. Salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mendukung dalam memasarkan produk untuk menciptakan minat beli konsumen adalah penggunaan bauran pemasaran (Marketing Mix 7P) dengan pengolahan data menggunakan regresi linier berganda dengan tujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dan menghasilkan sebuah strategi pemasaran agar target yang diinginkan tercapai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa varibel independen (7P) secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhada minat beli konsumen, hal ini ditunjukkan dengan F hitung 13.258 > F tabel 2.17. Kemudian dari tujuh faktor tersebut dapat diketahui bahwa faktor promosi dan produk paling berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan faktor promosi t hitung 7.762 > t tabel 1.69 serta faktor produk dengan t hitung 1.749 > t tabel = 1.67. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan SPSS 16 For Windows dengan metode regresi linier berganda, strategi pemasaran yang akan dikembangkan pada faktor promosi dan produk karena berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Faktor ini efektif dalam strategi pemasaran, karena terdapat perbedaan yang siginifikan sebelum dan sesudah penggunaan faktor ini.

Keywords


Perancangan, Strategi Pemasaran, Marketing Mix 7P, Regresi Linier Berganda, Promosi dan Produk.

Full Text:

PDF

References


Afrilita Nur, (2013), “Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah Di Samarinda. eJournal Adminsitrasi Bisnis.

Duwi Budianto, (2012), “Pengaruh lokasi usaha, tata letak produk, kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadapap kepuasan konsumen dalam meningkatkan penjualan produk”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Haryadi Rudi, (2009), “ Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix”, Tesis. Universitas

Diponegoro.

Irianto Agus, (2009), “Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya”. Edisi Pertama, Penerbit: Prenada Media Group, Jakarta.

Janie Arum Nirmala Dyah, (2012), “Statistik Deskriptif & Regresi Liniear Berganda Dengan SPSS. Jurnal.

Kottler, Philip., dan Keller. Kevin lane. (2008), “Manajemen Pemasaran”. Penerbit: Erlangga, Jakarta.

Kurniawan Deny, (2008), “Uji T Berpasangan (Paired T-Test)”, Jurnal.

Lumbantobing, M., Melda, (2013), “ Pengaruh Prestise, Persaingan dan Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Fountain Ice Cream Café Plaza Medan Fair, “ Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatra Utara Medan.

Pujiyanto, (2003), “Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Periklanan”. Jurnal Nirmana.

Rachmawati Rina, (2011), “Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik.

Radix A., Sumanto, dan Sukotjo, Hendri, (2010), “ Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process dan Physical Evidence) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya,” Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis.

Risman, (2009), “ Strategi Pemasaran Produk Dafa Yoghurt Pada Unit Pengolahan Peternakan Yayasan Darul Fallah Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor,” Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Rusmini, (2013), “Strategi Promosi Sebagai Dasar Peningkatan Respons Konsumen”, Jurnal Pengembangan Humaniora.

Sari intan, dkk. (2005), “Analisis Sensitivitas Marketing Mix Terhadap Tingkat Pembelian Kentucky Fried Chicken (KFC) Di Kota Malang. Jurnal. Universitas Diponegoro, Semarang.

Santosa, Gunawan, (2004), “ Statistik”, Penerbit: Andi Yogyakarta.

Saulaima Wahid. 2004. “Analisis Regresi Menggunakan SPSS”. Penerbit Andi Yogyakarta.

Setyaningsih, Rahmawati, (2008),“ Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekuitas Merek Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang,” Tesis. Universitas Diponegoro, Semarang.

Siregar Syofian, (2010), “Statistika Deskriptif untuk Penelitian”, Penerbit: PT Raja Grafindo, Jakarta.

Sudirman, (2011), “Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Pada Harian Fajar Di Makasar “. Jurnal. 2011.

Sugiyono, (2012), “Statiska Untuk Penelitian”. Penerbit: Alfabeta, Bandung.

Supranto, J, (2000), ”Statistik Teori Dan Aplikasi”. Penerbit: Erlangga, Jakarta.

Tjiptono Fandy, (2008) “Strategi Pemasaran”. Penerbit: Andi Yogyakarta.

Umar Husein, (2005), “Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen”. Penerbit: PT Granmedia Pustaka Utama, Jakarta.

Uyanto Stanislaus, (2009), “Pedoman Analisis Data Dengan SPSS”. Penerbit: Graha Ilmu, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v11i2.745

Refbacks



Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2015 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php