Partisipasi Petani Terhadap Pengelolaan Air Irigasi Di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat

Irfan Ardiansah, Raden Bramadi Nugraha Wargadibrata, Chay Asdak, Devi Maulida Rahmah, Selly Harnesa Putri

Abstract


Pengelolaan air irigasi membutuhkan partisipasi petani. Air merupakan salah satu sumberdaya esensial dalam kehidupan. Namun, keberadaannya sudah semakin langka karena debit air yang semakin berkurang akibat degradasi lingkungan pada daerah aliran sungai dan saluran irigasi yang mendangkal, sehingga pengairan untuk lahan sawah menjadi berkurang. Serupa dengan keadaan daerah irigasi di Desa Cangkuang dan Desa Haurpugur, yaitu proses pengelolaan air irigasi memerlukan partisipasi petani untuk mendapatkan air irigasi pada musim kemarau karena keterbatasan jumlah air irigasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi petani dalam pengelolaan air irigasi yang terletak di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat dan mengetahui faktor-faktor yang menentukan partisipasi petani dalam pengelolaan air irigasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kuantitatif dengan cara survey lapangan, wawancara dan pemberian kuesioner kepada responden sebagai pengumpulan data dan informasi sesuai dengan keadaan di lapangan. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan pada nilai alternatif operasi irigasi yang menjadi alternatif utama dengan nilai 0,44. Alternatif ini memiliki nilai tertinggi karena operasi irigasi merupakan hal utama pada pengelolaan irigasi. Jadi, nilai persentase tingkat partisipasi dalam pengelolaan air irigasi pada alternatif operasi irigasi adalah 44 % dan faktor yang menentukan partisipasi petani adalah adanya komunikasi yang baik antar petani.

 

Kata Kunci: AHP, partisipasi petani, pengelolaan irigasi


Full Text:

PDF

References


A. Wiyono, S. Legowo, J. Nugroho, and C. A. Nugroho, “Kajian Peran Serta Petani Terhadap Penyesuaian Manajemen Irigasi untuk aerah Irigasi Cirasea, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,” J. Teor. dan Terap. Bid. Rekayasa Sipil, vol. 19, no. 1, 2012.

R. Andreeyan, “Studi Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pembangunan Di Kelurahan Sambutan Kecamatan Sambutan Kota Samarinda,” eJournal Adm. Negara, vol. 2, no. 4, 2014.

R. J. Kodoatie, Tata Ruang Air Tanah, 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2012.

A. Yayan, “Kajian Pengelolaan Aset Daerah Irigasi Cimanuk UPTD SDAP Bayongbong Dinas Sumber Daya Air Dan Pertambangan Kabupaten Garut,” J. Konstr., vol. 11, no. 1, 2013.

Saadah, R. Darma, and Mahyuddin, “Unsur-Unsur Pembangunan Dalam Pengelolaan Pengairan,” J. Ekon. Pembang., vol. 13, no. 1, 2012.

T. Azizi-Khalkheili and G. H. Zamani, “Farmer Participation In Irrigation Management: The Case Of Doroodzan Dam Irrigation Network, Iran,” Agric. Water Manag., vol. 96, no. 5, 2009.

K. H. Timotius, Pengantar Metodologi Penelitian (Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Pengembangan Pengetahuan), 1st ed. Penerbit Andi, 2017.

O. Memorial and M. H. T. Nasution, “Pengaruh Pengembangan Pegawai Terhadap Efektifitas Kerja Pegawai Pada Kantor Sekretariat Daerahkota Sibolga,” PERSPEKTIF, vol. 8, no. 2, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sains dan Teknologi Industri



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin[at]uin-suska[dot]ac[dot]id
© 2015 SITEKIN, ISSN 2407-0939
Free counters!
Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php