Perancangan Sistem Pengamanan Rumah Berbasis Human Detection Menggunakan Foto Dan Suara

Priadhana Edi Kresnha, Emi Susilowati, Rully Mujiastuti, Septian Tri Saputra

Abstract


Keamanan merupakan salah satu kebutuhan penting manusia. Salah satu contoh penerapan keamanan adalah menutup pintu rumah dan menguncinya ketika akan pergi meninggalkan rumah tanpa ada orang di dalamnya. Namun sebesar apapun usaha manusia untuk mengamankan lingkungan, tetap ada celah untuk merusaknya. Pada penelitian ini dikembangkan alat untuk membantu mengamankan rumah ketika ditinggal penghuninya. Alat ini cukup sederhana dan low cost untuk dibuat, sehingga semua orang bisa membuat atau memilikinya. Ketika aktif, alat ini mendeteksi manusia yang lewat, memfoto, dan mengeluarkan suara untuk memperingatkan manusia tersebut. Foto yang didapat bisa digunakan untuk barang bukti pengadilan jika ternyata aktivitas manusia tersebut ilegal dan merugikan pemilik rumah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat ini bekerja sempurna dengan jangkauan deteksi hingga 6 meter.


Full Text:

PDF

References


Dakhi, R. H., Sistem pemantau ruang jarak jauh menggunakan sensor pir (passive infrared) berbasis atmega 8535, Tugas Akhir, Departemen Fisika, Universitas Sumatera Utara, Medan, 2017.

Kresnha, P. E., Susilowati, E., and Mujiastuti, R., Pengembangan Sistem Keamanan Rumah Indoor Efisien Berbasis Human Detection Menggunakan CCTV Dan SMS Gateway, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI), Universitas Pendidikan Ganesha, 2018, pp. 233-239.

Kurniawan, M. I., Sunarya, U., and Tulloh, R., Internet of Things : Sistem Keamanan Rumah berbasis Raspberry Pi dan Telegram Messenger, ELKOMIKA, 6(1), 2017, pp. 1-15.

Ohoiwutun, J., Analisis Dan Perancangan Smart Dump Menggunakan Arduino Mega 2560 Rev3 Dan Gsm Sim900, Jurnal Electro Luceat, 4(1), 2018, pp. 1-11.

Wicaksono, M. F., Implementasi Modul Wifi Nodemcu Esp8266 Untuk Smart Home, Jurnal Teknik Komputer Unikom – Komputika, 6(1), 2017, pp. 1-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sains dan Teknologi Industri



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin[at]uin-suska[dot]ac[dot]id
© 2015 SITEKIN, ISSN 2407-0939
Free counters!
Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php