Manajemen Risiko Penerapan Arsitektur Enterprise Ditinjau dari Aspek Keselarasan dan Integrasi (Studi Kasus: PT. Pos Indonesia)

Yance Sonatha

Abstract


Arsitektur enterprise merupakan sebuah mekanisme yang menjamin sumber daya teknologi informasi dari organisasi agar selalu berada pada jalur strategi, dan juga menjelaskan rencana untuk membangun satu atau sekumpulan sistem. Dalam penerapan arsitektur enterprise di PT. POS Indonesia diidentifikasi ada beberapa faktor-faktor yang mengandung risiko. Penulisan paper kali ini akan menekankan bagaimana manajemen risiko ditinjau dari aspek penyelarasan dan integrasi penerapan arsitektur enterprise.

 


Keywords


arsitektur enterprise, manajemen risiko, PT. POS Indonesia

Full Text:

PDF

References


Iyer, B dan Gottlieb, R. 2004. The Four Domain Architecture : an Approach to Support Enterprise Architecture Design, IBM System Journal (43) 3, pp. 588 – 597.

Kustyaningsih, Y. 2007. Perencanaan Arsitektur Enterprise Berbasis Web pada Institusi Pendidikan Tinggi, Seminar Nasional Teknologi, Yogyakarta, pp. D1-D7.

Oberperfler, F.I dan Breu, R. Using Enterprise Architecture for IT Risk Management, Research Group Quality Engineering, Institute of Computer Science, University of Innsbruck, Austria.

Spewak, Steven H ., Steven C. Hill. 1992. Enterprise Architecture Planning : Developing a Blueprint for Data, Applications and Technology, John Wiley & Son.

Stonebumer, G. dan Feringa, A. 2001. Risk Management Guide for Information Teechnology Systems, National Institue of Standards and Technology.

Wijaya, D.R. 2009. Manajemen Resiko Aspek Perubahan (Change) dan Keselarasan (Allignment) pada Arsitektur Enterprise, Konferensi Nasional Sistem & Informatika, Bali, pp. 25-30.

http://ems.posindonesia.co.id/ diakses tanggal 18 februari 2011 pukul 13:58 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v9i1.615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php