Analisis Tata Kelola Layanan Openbiblio Perpustakaan UIN Suska Riau dengan Pendekatan ITIL v3

Idria Maita, Devi Mendasari

Abstract


Best practice Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V3 merupakan sebuah konsep pengelolaan infrastruktur, pengembangan serta operasi teknologi informasi. Untuk menjalankan proses bisnisnya, perpustakaan UIN Suska Riau telah menggunakan sistem informasi perpustakaan, yaitu OpenBiblio (OB). Aplikasi ini terdiri dari beberapa fitur layanan, salah satunya adalah proses sirkulasi yang memproses peminjaman dan pengembalian buku. Untuk fungsi optimal, OB juga didukung oleh ELiMS yang berbasis RFID. Meskipun aplikasi ini dilengkapi dengan supporing system, namun tidak serta merta layanan OpenBiblio menjamin adanya ketersediaan informasi yang akurat dan konsisten. Pada penelitian ini, rekomendasi service design ITIL V3, khususnya service catalog management dijadikan sebagai acuan dalam pengelolaan infrastuktur dan pengembangan proses layanan teknologi OpenBiblio. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah membangun business service catalog dan service level agreements OpenBiblio untuk proses sirkulasi. SOP dan dokumentasi layanan OpenBiblio merupakan sumber data utama dalam penelitian ini. Sehingga hasil yang didapat nantinya dapat dijadikan sebagai rekomendasi bagi manajemen perpustakaan UIN Suska Riau dalam memberikan informasi dan prosedur yang akurat dan konsisten kepada pengguna.


Keywords


ITIL V3, OpenBiblio, Sirkulasi, BSC, SLA

Full Text:

PDF

References


Addy, Rob. 2007. “Effective IT Service Management”. ISBN 978-3-540-73197-9. Springer, Heidelberg.

itSMF. 2007. “An Introductory Overview of ITIL® v3: A High-Level Overview of the IT Infrastructure Library”. Best Management Practice. ISBN 0-9551245-8-1.

OGC (Office of Government Commerce). 2007. “ITIL – Service Design”. The Stationery Office. ISBN 9780113310470.

OGC (Office of Government Commerce). 2007. “The Official Introduction to the ITIL Service Lifecycle”. The Stationery Office. ISBN 9780113310616.

Peasley, J dan Fletcher, J. 2005. “IT service management – and beyond”. Macquarie University Research Online. Sydney, Australia.

Safitri, Herlina. 2011. “Pembuatan Service Catalog Penerimaan Mahasiswa Baru di Lingkungan Univeristas Pasundan”. Skripsi pada Universitas Pasundan, Bandung : tidak diterbitkan. Panduan Perpustakaan UIN Suska Riau. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v9i2.596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php