Efisiensi Dari Karakteristik Getaran Motor Listrik Menggunakan Fast Fourier Transform Dan Neural Network

Jufrizel Jufrizel, Weni Puji Hastuti

Abstract


Untuk menentukan karakteristik getaran motor listrik suatu pompa sentrifugal merupakan hal yang sangat menarik dalam menentukan kondisi dari instrumen mekanik dari motor listrik pompa sentrifugal tersebut. Getaran  dari motor listrik pompa sentrifugal ini dapat memberikan informasi yang penting apakah instrumen mekaniknya berada dalam kondisi normal, misalignment, atau unbalance.. Hal ini harus dilakukan analisa melalui analisa getaran dengan menggunakan sensor akselerometer ADXL330.  Sensor akselerometer ADXL330 merupakan salah satu alternatif sensor getaran yang memiliki kelebihan bentuk fisik yang kecil, relatif lebih murah, dan daya yang dibutuhkan kecil. Dalam  penelitian ini, untuk mendeteksi sinyal getaran dalam kondisi misalignment, unbalance dan looseness maka digunakan sensor akselerometer ADXL330  sebagai sensor getaran yang akan mendeteksi perbedaan sinyal getaran tersebut. Metode analisa getaran ini menggunakan Fast Fourier Transform (FFT) yang berfungsi untuk merubah suatu sinyal dalam daerah waktu ke dalam  daerah discrete frekwensi yang terpisah. Neural Network Backpropagation  digunakan untuk mengidentifikasi data getaran secara on-line melalui pelatihan. 

Dalam penelitian ini, dibuat prototipe pompa sentrifugal untuk melihat pola vibrasi sinyal fft terhadap jenis-jenis kondisi abnormal. Ada tiga jenis kondisi abnormal yang dibahas dalam penelitian ini yaitu normal, misalignment, atau unbalance. Pada kondisi unbalance amplitudo frekuensi putaran 3 kali amplitude kondisi unfault pada frekuensi yang sama. Untuk kondisi misalignment, harmonik yang muncul pada penelitian ini yaitu frekuensi harmonik 2 dan 3.

       

Keywords


Akselerometer, Fast Fourier Transform, Karakteristik, Neural Network, Pompa Sentrifugal

Full Text:

PDF

References


Ahmed, R. Supangat, J. Grieger, N. Ertugrul and W. L. Soong, (2004), A Baseline Study for On-Line Condition Monitoring of Induction Machines”, Australasian Universities Power Engineering Conference (AUPEC 2004).

Akhmad Musafa ,2007 Kompensasi Kenaikan Tahanan Rotor Berdasarkan Kesalahan Arus Magnetisasi Pada Simulasi Pengendalian Motor Induksi Tanpa Sensor Kecepatan, Tesis, Universitas Indonesia, 2007.

A.E. Fitzgerald, Djoko Cahyanto,1992,”Mesin–Mesin Listrik,” Erlangga, Edisi ke empat, Jakarta, 1992.

Birajdar R, Pati R, Khanzode K, Kirloskar Brothers Ltd., (2009), “VIBRATION AND NOISE IN CENTRIFUGAL PUMPS - SOURCES AND DIAGNOSIS METHODS”, 3rd International Conference on Integrity, Reliability and Failure, Portugal, 20-24 July 2009,

Brian T. Holm-Hansen, Robert X. Gao, (2000), “Vibration Analysis of a Sensor-Integrated Ball Bearing”, Vol. 122, Hal 384 ~ 392, Transactions of the ASME

Orhan Sadettin, Aktu Nizami , Veli C, (2005), “Vibration monitoring for defect diagnosis of rolling element bearings as a predictive maintenance tool: Comprehensive case studies”, NDT&E International 39 (2006) 293–298.

H. Shreve Dennis, (1995), “SIGNAL PROCESSING FOR EFFECTIVE VIBRATION ANALYSIS”, IRD Mechanalysis, Inc Columbus, Ohio.

Ruuska, Mikko, H. Andersson, Paul, Dubrovnik, (2003), “SPINDLE BEARING MONITORING USING ACOUSTIC EMISSION”, Proceedings, XVII IMEKO World Congress, 2164~2167.

Reimche W, Südmersen U, Pietsch Or, Scheer C, Bach F, (2003), “BASICS OF VIBRATION MONITORING FOR FAULT DETECTION AND PROCESS CONTROL”. University of Hannover, Institute of Material Science, Department of NDT.

Sumanto,”Motor Listrik Arus Bolak-balik,”Andi Offset Yogyakarta, Edisi pertama,1993.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v10i1.584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php