Pengurangan Dwelling Time pada Aktivitas Pembongkaran Terminal Petikemas

Fitra Lestari, muhammad iqbal rachman

Abstract


Studi kasus ini mendeskripsikan aktivitas pada suatu terminal petikemas yang memiliki rata-rata dwelling time selama 8 hari. Hal ini memperlambat aktivitas pada terminal petikemas dan merugikan berbagai pihak meliputi pemilik barang dan pihak terminal peti kemas. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat seknariao perbaikan dalam mengurangi aktivitas dwelling time di terminal petikemas. Penelitian ini menggunakan pendekatan discrete event simulation untuk melakukan perbaikan aktivitas pembongkaran dengan membuat beberapa skenario perbaikan. Hasil yang diperoleh bahwa skenario pertama dengan penambahan 1 unit reach steker dan skenario kedua melakukan penanambahkan 1 unit reach steker dan 1 unit top loader. Dengan menggunakan Software Arena, diperoleh output truk pada skenario satu adalah 38 truk dan pada skenario dua adalah 37 truk. Dengan demikian, skenario satu lebih tepat untuk menjadi skenario terpilih. Lebih lanjut, rata–rata total biaya storage setiap bulan yang dibayar costumer adalah Rp 1.528.400 untuk container 20” dan Rp 3.437.950 untuk container 40”. Implikasi pada penelitian ini dapat meberikan usulan perbaikan pada aktivitas pembongkaran di petikemas. Penelitian selanjutnya di harapkan dapat menambah jumlah skenario perbaikan untuk pengurangan dwelling time.

Full Text:

PDF

References


Setiawan, R., Tedjakusuma, B., Hendrasetia, Y. A., & Lukito, F.. Simulasi Sistem Penanganan Di Lapangan Penumpukan Peti Kemas. Jurusan Teknik Sipil Universitas Kristen Petra, 2015.

Rafi. S dan Purwanto, B. Dwelling Time Management : Antara Harapan Dan Kenyataan Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 2016. 2 (2). Pp. 220- 228.

Nashrulhaq, M. I., Nugraha, C., & Imran, A. Model Simulasi Sistem Antrean Elevator. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 02(Model Simulasi), 2014, pp. 121–131.

Heizer and Render. Operations Management – Waiting Line Models Module D, Prentice Hall, Inc, Upper Saddle River, N.J. USA. 2004.

Riyanto, O. A. W.. Simulasi Model Sistem Kerja Pada Departemen Injection Untuk Meminimasi Waktu Work-In-Process. Jurnal Teknik Industri, 2016, 15(1), 69–78.

Ashari. Penerapan Metode Times Series Dalam Simulasi Forecasting Perkembangan Akademik Mahasiswa. Jurnal Program Studi Teknik Informatika, 2014. Pp. 9–16.

Lestari, F., Ismail, K., Bakar, A., Hamid, A., Supriyanto, E., & Sutopo, W. Simulation of Refinery-Supplier Relationship. In The International MultiConference of Engineers and Computer Scientists, 2016. Vol. II, pp. 740–744.

Kelton, W. D. Sadowski, R. P. and Sadowski, D. A. Simulation with Arena. Second Edition, New Jersey: McGraw-Hill. 2002.

Alqorni, K., & Kromodihardjo, S. Meningkatkan Laju Pembongkaran Pada Dermaga Bongkar Untuk Mengurangi Masalah Antrian Kapal Dengan Metode Simulasi (Studi Kasus : PT Petrokimia Gresik ). Jurnal Teknik Pomits, 2012. 1(2), 1–5.

Medianto, R., Sadono, M., & Pasaribu, H. M, Simulasi Prosedur Kedatangan Pada Terminal Airspace. Angkasa, 2013. Pp.143–154.

Rahman, A. L., Astuti, E. S., & Saifi, M.. Analisis Pelaksanaan Pemeriksaan Pajak Dalam Pencapaian Target Penerimaan Pajak. Jurnal Perpajakan (JEJAK), 2016, 9(1), 1–5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sains dan Teknologi Industri



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin[at]uin-suska[dot]ac[dot]id
© 2015 SITEKIN, ISSN 2407-0939
Free counters!
Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php