ANALISA SERVICE ORIENTED ARCHITECTURE(SOA) MENGGUNAKAN WEB SERVICE UNTUK PENJADWALAN MUBALLIGH PADA IKMI DAN DDI

Iwan Iskandar, Nur Jannah

Abstract


DDI (Dewan Dakwah Indonesia) merupakan organisasi Islam yang bergerak dibidang dakwah. IKMI (Ikatan Mesjid Indonesia) merupakan bagian dari DDI yang bertugas dilapangan dalam mengatur khutbah jumat, instruktur pengajian, penceramah dan lain-lain. Pada saat ini terdapat 370 masjid dan 1400 muballigh dibawah naungan IKMI. Selama ini pengaturan jadwal penceramah untuk dibeberapa mesjid dilakukan secara manual. Pengurus mengalami beberapa kendala terutama bagi penceramah yang berhalangan dan kembali harus mengatur penjadwalan ulang,minimnya tingkat ketelitian dalam penyusunan jadwal,mengingat banyaknya muballigh dan mesjid, kurang efektifnya buku panduan karena faktor umur dan daya ingat serta pemantauan dan evaluasi yang kurang berjalan dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebutmaka dilakukan analisa terhadap faktor-faktor yang menjadi penyebab kendala-kendala tersebut. Dalam hal ini diterapkan arsitektur SOA dimana setiap objek informasi dapat dijadikan sebagai Service-Service yang dapat diakses serta dapat dikembangkan untuk digunakan kembali pada aplikasi lain (reusable). Pada penerapannya maka digunakan teknologi web Service karena mampu menyediakan standard dari perbedaan aplikasi dan berjalan dibanyak platform sehingga dapat digunakan untuk integrasi antar pengawas, pengurus dan petugas dilapangan. Pada analisa ini dihasilkan beberapa Service penting untuk mengatur dan melakukan integrasi dari beberapa sistem yang ada. Arsitektur sistem dihasilkan sebagai proyeksi sistem dalam menjalankan Service-Service yang telah dibuat dan dapat dikembangkan pada aplikasi yang lain. Pengiriman informasi pada aplikasi yang berbeda dengan memanfaatkan web Service menjadi solusi yang baik dari kendala yang dihadapi oleh pengurus IKMI selama ini.

       

Keywords


DDI, IKMI, Reusable, Service,Web Service

Full Text:

PDF

References


Erl, Thomas, (2009), “SOA : Principles of Service Design“, Prentice Hall

Krafzig, D., Karl Banke, Dirk Slama. (2004). Enterprise SOA: Service-Oriented Architecture Best Practices. USA: Prentice Hall.

Mabrouk, Mohamed I.(2008). “SOA fundamentals in a nutshell”. IBM Developer Works [available] onlinehttp://www.ibm.com/developerworks/webServices/edu/ws-dw-ws-soa-ibmcertified.html,diakses tanggal 3 Maret 2013.

Priyambodo, T. K.(2005). “Implementasi web-Service untuk pengembangan layanan pariwisata terpadu”. Jurnal Teknologi

D. Austin, A. Barbir, C. Ferris, S. Garg, Web Services Architecture Requirements, W3C Web Services Architecture Group, [available] onlinehttp://www.w3.org/TR/2004/NOTE-wsa-reqs- 20040211, diakses maret 2013

Bieberstein, et al. (2008). Executing SOA: A Practical Guide for The Service Oriented Architecture. IBM Press, Indiana.

Brown, Paul C. (2008). Implementating SOA : Total Architecture in Practice. Addison Wesley Profesional, Massachusetts.

Hasan, Jeffrey. Expert Service-Oriented Architecture in C# Using the Web Services Enhancements 2.0. Appress, New York.

Turban E., Rainer, R. K. Jr., Potter, R. E. (2006). Pengantar Teknologi Informasi. Edisi 3. Penerbit Salemba Infotek, Jakarta.

Whitten, J. L., Bentley, L. D., Dittman, K. C. (2004). Systems Analysis and Design Methods. 6th Edition. McGraw-Hill, New York.

Durvasula, S. (2006). SOA Practitioner’s Guide Part 3, Introduction to Services Lifecycle.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v11i1.555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php