ANALISIS POSTUR KERJA MANUAL MATERIAL HANDLING PADA AKTIVITAS PEMINDAHAN PALLET DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIOMEKANIKA RULA (STUDI KASUS : PT. ALAM PERMATA RIAU)

Merry Siska

Abstract


Indonesia merupakan negara berkembang yang banyak sekali ditemukan industri-industri dengan proses kerja masih manual dan menggunakan tenaga manusia atau disebut juga dengan Manual Material Handling (MMH). MMH banyak digunakan di dunia industri karena aktivitas MMH lebih murah dan lebih mudah dilakukan. Akan tetapi aktivitas MMH juga memiliki resiko kecelakaan kerja yang tinggi, yaitu apabila dilakukan dengan cara yang salah. PT. Alam Permata Riau merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang produksi pallet, dimana pada perusahaan ini masih ditemukan pekerjaan pengangkutan yang masih manual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengindentifikasi dan menganalisis postur kerja pekerja pengangkut pallet di PT. Alam Permata Riau dari sisi biomekanika berdasarkan metode RULA. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisa data terhadap 10 postur tubuh operator didapatkan hasil sebagai berikut: Postur tubuh pertama, ke tiga, ke lima, ke enam, ke tujuh, dan ke sembilan dengan skor akhirnya yaitu 4 dan nilai  action level 2, artinya yaitu kondisi ini berbahaya sehingga pemeriksaan dan perubahan diperlukan dengan segera saat itu juga. Postur tubuh ke dua, ke delapan, dan ke sepuluh dengan skor akhir 4 dan action level 2, artinya yaitu aktivitas ini memerlukan pemeriksaan lanjutan dan juga memerlukan perubahan-perubahan terhadap postur tubuh tersebut. Postur tubuh ke empat dengan  skor akhir 2 dan action level 1, artinya postur ini bisa diterima jika tidak dipertahankan atau tidak berulang dalam periode yang lama.

 

Kata kunci : Biomekanika, Manual Material Handling, Postur Tubuh, RULA


Full Text:

PDF

References


Budiman, E., dan Setyaningrum, R., 2006. Perbandingan Metode-Metode Biomekanika untuk Menganalisis Postur pada Aktivitas Manual Material Handling (MMH) Kajian Pustaka. Program Studi teknik Industri Sekolah Tinggi Wiworotomo, Purwokerto.

Nuraini, A.I., 2012. Analisis Vertical Multiplier Dalam Persamaan Revised National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) Lifting bagi Pekerja Laki-Laki. Universitas Indonesia.

Nurmianto, E., 2004. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Edisi Kedua. Surabaya: Penerbit Guna Widya.

Mas’idah, E., dkk., 2009. Analisa Manual Material Handling (MMH) dengan Menggunakan Netode Biomekanika untuk Mengindentifikasi Resiko Cidera Tulang Belakang (Musculoskeletal Disorder). Teknik Industri UNISSULA, Semarang.

Manurung, I.K., 2013. Penentuan Batas Angkut yang Aman bagi Pekerja Bongkar Muat Manual dengan Menggunakan Pendekatan Fisiologi dan NIOSH Lifting Index pada PT. Pelindo II Pontianak. Universitas Tanjung Pura, Pontianak.

Muslimah, E., 2006. Analisi Manual Material Handling Menggunakan Metode NIOSH Equation. Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Pangaribuan, D.M., Analisa Postur Kerja dengan Metode RULA pada Pegawai Bagian Pelayanan Perpustakaan USU Medan. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Siska, M., dan Teza, M., 2012. Analisa Posisi Kerja pada Proses Pencetakan Batu Bata Menggunakan Metode NIOSH. UIN Suska Riau, Pekanbaru.

Sutalaksana, I.Z., 1979. Teknik Tata Cara Kerja. MTI ITB, Bandung.

Sutrio dan Firdaus, O.M., 2011. Analisis Pengukuran RULA dan REBA Petugas pada Pengangkatan Barang di Gudang dengan Menggunakan Software Ergo Intelligence (Studi Kasus: Petugas Pembawa Barang di Toko Dewi Bandung. Universitas Widyatama, Bandung.

Triyono, Analisis Sikap Kerja Pekerja Manual Material Handling UD. Tetap Semangat dengan Metode OWAS. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Wignjosoebroto, S., 1995. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Surabaya: Penerbit Guna Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sains dan Teknologi Industri



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin[at]uin-suska[dot]ac[dot]id
© 2015 SITEKIN, ISSN 2407-0939
Free counters!
Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php