Optimalisasi Produksi pada Operasi Steamflood dengan Menggunakan Injeksi Kualitas Uap Model Gelombang

Abdul Haris Salam

Abstract


Steamflood adalah salah satu metode EOR yang digunakan untuk memudahkan pengangkatan minyak berat dengan cara menginjeksikan uap ke dalam reservoir. Uap panas digunakan untuk mengurangi viskositas minyak sehingga lebih mudah terangkat ke permukaan dengan menggunakan pompa. Model gelombang kualitas uap dibuat untuk mengoptimalkan jumlah uap yang disuntikkan dengan meningkatkan keefektifan pendesakan dan penyapuan reservoir. Optimalisasi injeksi uap erat kaitannya dengan suhu, kualitas uap dan model injeksi. Dengan menggunakan perangkat lunak CMG STARS telah dibuat model sintetis untuk lapangan steamflood. Sensitivitasnya dilakukan pada temperatur dan kualitas uap untuk menentukan parameter yang paling berpengaruh. Tekanan, suhu, kualitas uap dan laju injeksi dipertahankan konstan untuk kasus dasar yang akan digunakan sebagai perbandingan. Modelnya dibuat dengan menginjeksikan kualitas uap 0% dan 80% yang terus bergantian sampai menyerupai bentuk gelombang. Optimalisasi kualitas uap yang disuntikkan dengan model gelombang dapat mengurangi penggunaan uap berkualitas tinggi. Uap dengan kandungan air lebih banyak (low quality) memiliki keefektifan pendesakan yang lebih besar dan uap dengan sedikit kandungan air (high quality) memiliki keefektifan penyapuan yang lebih baik


Full Text:

PDF

References


Ahmad, T. (1946): Petroleum Reservoir Handbook , Gulf Publishing CompanyHouston, Texas.

Damanik, R.A. (2010): Prediksi Kinerja Steamflood dengan Metoda Myhill-Stegemeir dan Gomaa di Area “RAD” duri Steamflood (DSF), Tugas Akhir Program Sarjana, Universitas Islam Riau, 21-29.Gael, B.T., Putro, E.S., Masykur, A., Lederhos, L.J. (1994): Reservoir Management in the Duri Steamflood, Paper Society of Petroleum Engineers. SPE-27764, 305-307.

Makkatutu, B. (2009): Studi Komprehensip Terhadap Sistem Pengaturan Panas Pada Injeksi Steam di Lapangan Minyak Berat Studi Kasus Lapangan “X” Area-D, Tesis Program Master, Universitas Indonesia, 5-9.

Siregar, H., P., S., Abdassah, D. (2009): Report 5th Annual OGRINDO, Ogrindo.

Teori Dasar Gelombang Seismik, diperoleh melalui situs internet: http://digilib.unila.ac.id/122/12/BAB%20III.pdf. Diunduh pada tanggal 26 Mei 2016.

Thermal Recovery By Steam Injection, diperoleh melalui situs internet: http://petrowiki.org/Thermal_recovery_by_steam_injection. Diunduh pada tanggal 2 Mei 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v15i1.4297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sains dan Teknologi Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php