SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PEGAWAI DENGAN METODE TOPSIS

Elyza Gustri Wahyuni

Abstract


Kualitas pegawai dalam mendukung majunya suatu perusahaan sangat penting, sehingga banyak perusahaan yang berupaya agar memiliki kualitas pegawai yang berkualitas. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menjaring calon pegawai sesuai dengan kriteria yang diinginkan perusahaan, hanya saja selama ini banyak perusahaan yang sering bermasalah dalam proses pemberkasan dan penyortiran karena dilakukan secara manual, karena sangat dimungkinkan terjadinya kesalahan dalam model seleksi ini sehingga hasilnya menjadi tidak sesuai dengan kriteria calon pegawai yang diinginkan perusahaan. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan (SPK) dengan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk seleksi penerimaan pegawai yang memiliki beberapa kriteria antara lain nilai IPK, nilai TOEFL, pengalaman kerja, usia, dan Tes Potensi Akademik (TPA). Sedangkan untuk mencari nilai tes potensi akademik menggunakan kriteria nilai verbal, nilai numerik, dan, nilai logika. hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa SPK penerimaan pegawai dengan metode TOPSIS menghasilkan sistem yang dapat memberikan rekomendasi pelamar terbaik sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Full Text:

PDF

References


Alex Sujanto, 2009. Rekrutmen dan Seleksi Berbasis Kompetensi: Tantangan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Tenaga Kerja Pada Knowledge Society, INFOKAM, Nomor I / Th. V / Maret, hal. 9.

Djamain ,Y., dan De Christin, H., 2015. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Baru PT. PLN (PERSERO) Kantor Pusat Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW), Jurnal Teknik Informatika, UIN Jakarta.

Kusumadewi, Sri, dkk. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Noe, Raymond A., dkk. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Mencapai Keunggulan Bersaing. Ed. 6 buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Panggabean, Mutiara S. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pressman, R.S., 2010, Software Engineering A Practitioner’s Approach Seventh Edition, The McGraw-Hill Companies Inc., New York.

Puspitasari R.A, dkk, 2014. Analisis Metode dan Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi Untuk Mendapatkan Karyawan yang Bermutu (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 9 No. 2 April, hal. 3.

Setyowulan, H., dan kusrini, 2012. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai PT. Abadi Express (TIKI) Yogyakarta, Jurnal DASI Amikom, Yogyakarta.

Turban E, Aronson JE, & Liang Ting-Peng, 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems. International Edition, Edisi 7. New Jersey: Pearson Prentice-Hall Education International.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Sains dan Teknologi Industri



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin[at]uin-suska[dot]ac[dot]id
© 2015 SITEKIN, ISSN 2407-0939
Free counters!
Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php