PENENTUAN JUMLAH KARYAWAN YANG OPTIMAL PADA PENANAMAN LAHAN KELAPA SAWIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORK LOAD ANALYSIS (WLA) (Studi Kasus : PT. Bumi Palma Kabupaten Indragiri Hilir Riau)

Siti Wardah

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PT. Bumi Palma. Perusahaan ini bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Indragiri Hilir. Perusahaan ini dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan bahan baku kelapa sawit untuk produksi setiap bulannya serta pembukaan dan penggantian lahan yang sudah tidak produktif, tetapi dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut terdapat beberapa aktivitas yang kurang efektif dan efisien, Salah satu penyebabnya adalah adanya ketidak seimbangan jumlah tenaga kerja dibandingkan dengan jumlah kapasitas tanam yang tersedia karena dari sejak awal tahun pendirian sampai dengan sekarang perusahaan ini tidak pernah menerapkan jumlah karyawan yang semestinya pada proses penanaman bibit pada lahan. Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan metode work load analysis (WLA) didapat Beban fisik dari enam orang pekerja yaitu : 113,61%, 121,15%, 122,17%, 124,06%, 101,24%, 74,65%, disamping itu, setelah dilakukan perhitungan di dapat penentuan jumlah karyawan yang optimal yaitu dengan penambahan sebanyak dua pekerja sehingga total pekerja menjadi delapan orang pekerja dengan biaya yang dapat diminilisasi adalah sebesar delapan puluh tiga ribu lima ratus rupiah.

Keywords


Penentuan Jumlah Karyawan, Metode WLA

Full Text:

PDF

References


ArikuntoSuharsimi., Manajemen Penelitian, Jakarta, 2005.

Arikunto Suharsimi,. Suatu Pendekatan Praktis, edisirevisi 2010. Jakarta

Andrean Rio sudiono., Analisis Beban Kerja untuk Menentukan Jumlah Optimal Karyawandan Pemetaan Kompetensi Karyawan Berdasar Pada Job Description, Jurnal Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi sepuluh November, 2011.

Arif Riduwan., Analisa Beban Kerja Dan Jumlah Tenaga Kerja Yang Optimal Pada Bagian Produksi Dengan Pendekatan Metode Work Load Analysis (Wla) Di PT. Surabaya Perdana Rotopack, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, 2012

Bennet Silalahi., Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Jakarta: Bina Rupa Aksara, 1995.

EkoNurmianto., Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasi, Edisi ke-2, Guna Widya. Surabaya, 2004

Hancock & Meshkati., Human Mental Workload,Elsevier Science Publisher B.V., New York, USA, 1988.

Iftikar Z, Sutalaksana. Teknik Tata Cara Kerja. Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung, ( 1979 ).

Laksono Mosessinggih., Penentuan jumlah tenaga kerja berdasarkan waktu standar dengan metode work sampling di bagian packing pada PT. Sinar Oleochemical internasional. Medan. Tugas sarjana Departemen Teknik industri Fakultas Teknik USU, 2009.

Moses Laksono Singgih., Analisis Beban Kerja Karyawan Pada Departemen Umum Dan Logistik Dengan Metode Work Load Analysis Di Perusahaan Percetakan. Surabaya, Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya skripsi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, 2011.

Nurjannah Piqih., Penentuan jumlah tenaga kerja berdasarkan waktu standar dengan metode work sampling dibagian packing pada PT. Sinar Oleochemichal internasional. Medan. Tugas sarjana program pendidikan sarjana departemen teknik industri fakuktas teknik Universitas Sumatera Utara, 2009.

Putri Nanda Raissa Wibawa., Analisis Beban Kerja Dengan Metode Workload Analysis Sebagai Pertimbangan Pemberian Insentif Pekerja (Studi Kasus Di Bidang Ppip PT. Barata Indonesia (Persero) Gresik. Malang, Skripsi Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri, Universitas Brawijaya, 2014

Raras Mayang Arsidan Sri Gunani Partiwi., Analisis Beban Kerja untuk Menentukan Jumlah Optimal Karyawan dan Pemetaan Kompetensi Karyawan Berdasar Pada Job Description (StudiKasus: Jurusan Teknik Industri, ITS, Surabaya) Surabaya. Jurnal Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh November, 2012.

Sidhi Michael Triswandana., Penentuan Jumlah Optimal Operator Pemindahan Unit Mobil Pada Vehicle Logistic Center Perusahaan Manufaktur Otomotif Dengan Pendekatan Workload Analysis. Depok, skripsi Program Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, 2011,

Trio Nila Rustaria,. Pengukuran beban kerja dan optimalisasi jumlah karyawan bagian produksi dengan menggunakan metode work load analysis (WLA) (studi kasus di PT. Altia classic automotive manufacturing rungkut industri surabaya). Jawa Timur. Skripsi Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional, UNIVERSITAS VETERAN, 2010.

Wignjosoebroto, Sritomo., Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu. Surabaya: Prima Printing, 1995.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin[at]uin-suska[dot]ac[dot]id
© 2015 SITEKIN, ISSN 2407-0939
Free counters!
Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php