Sistem Administrasi Perpustakaan Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 03 Kota Bengkulu

Indra Kanedi

Abstract


Sistem Administrasi merupakan salah satu program Perpustakaan Pada Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 3 Kota Bengkulu. Untuk menentukan pengelolaan Perpustakaan Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 3 Kota Bengkulu saat ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana komputer namun demikian, dalam melakukan dokumentasi kearsipan baik dalam pencatatan buku-buku perpustakaan maupun siswa-siswa yang melakukan peminjaman buku-buku yang ada di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 3 Kota Bengkulu belum menggunakan sistem aplikasi khusus. Hal ini menyebabkan pendataan buku-buku dan peminjaman siswa petugas perpustakaan masih menggunakan cara-cara manual yaitu dengan melakukan pencatatan didalam buku besar dan buku induk perpustakaan sehingga membuat kinerja karyawan pada Perpustakaan Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 3 Kota Bengkulu belum optimal dan maksimal. Sistem Administrasi ini mampu memberikan kemudahan dalam mengelola data kelas,data siswa, kategori buku, peminjaman buku, pengembalian buku sehingga laporan cetak kartu tanda anggota, laporan buku perkaregori, laporan peminjaman perkelas, laporan pengembalian perkelas, laporan denda peminjaman buku, rekapitulasi peminjaman buku dan rekapitulasi pengembalian buku. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan adanya sistem administrasi perpustakaan pada Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 3 Kota Bengkulu dapat memberikan manfaat yang cukup berarti antara lain proses pengolahan data dan hasil informasi dilakukan dengan cepat serta menghasilkan laporan yang cukup akurat sehingga membuat pekerjaan akan lebih cepat dan efisien.

Keywords


Sistem, Administrasi, Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Hamzah, M. L., Rusilawati, E., & Purwati, A. A. (2018). SISTEM APLIKASI SARANA PRASARANA PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI NEAR FIELD COMMUNICATION BERBASIS ANDROID. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(2), 251-261.

Pratama, I. P. A. E. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya: Teori & Konsep Sistem Informasi Disertasi Berbagai Contoh Praktiknya Menggunakan Perangkat Lunak Open Source.

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance model (TAM) untuk menganalisis penerimaan terhadap sistem informasi di perpustakaanM INFORMASI PERPUSTAKAAN. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 9(1), 1-13.

Firman, A., Wowor, H. F., & Najoan, X. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 5(2), 29-36.

Prayitno, A. (2015). Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1).

Azwar, M. (2013). Membangun Sistem Otomasi Perpustakaan dengan Senayan Library Management System (SLiMS). Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 1(1), 19-33.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v16i2.2700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php