Penerapan Metode Case Based Reasoning Pada Sistem Pakar Untuk Mengenali Jenis Penyakit Sistem Reproduksi Wanita

Febie Elfaladonna, Denny Alfian

Abstract


Kanker serviks merupakan tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim. Penyebabnya adalah Papilloma Virus (HPV) khususnya berasal dari epitel atau lapisan luar pada serviks. Infeksi virus ini sering terdapat pada wanita yang aktif secara seksual. Ada banyak faktor yang bisa menjadi alasan seseorang tidak ingin melakukan pengecekan kesehatan diantaranya adalah kurangnya pengetahuan mengenai jenis-jenis penyakit berbahaya, tidak memiliki rasa waspada yang tinggi terhadap suatu penyakit, lokasi fasilitas kesehatan yang jauh dan tidak terjangkau. Dengan menggunakan sistem pakar diharapkan dapat membantu dan mempermudah seorang untuk mengenal jenis penyakit sistem reproduksi wanita berdasarkan gejala yang dirasakan. Pembuatan aplikasi sistem pakar membutuhkan metode yang telah diuji dan dikonsultasikan terlebih dahulu bersama ahli atau pakar. Salah satu metode yang diusulkan pada penelitian ini adalah Case Based Reasoning dimana cara kerja CBR adalah dengan membandingkan kasus baru dengan kasus lama, jika kasus baru tersebut mempunyai kemiripan dengan kasus lama maka CBR akan memberikan jawaban kasus lama untuk kasus baru tersebut.

Full Text:

PDF

References


Sari, A. R. P.,“Pengaruh dukungan suami terhadap wanita usia subur (wus) melakukan pemeriksaan iva di Puskesmas Joglo II Jakarta Barat,” J. Kesehatan Reproduksi. vol.1, pp.43-55, Apr. 2017.

Wijaya D, “Pembunuh Ganas Itu Bernama Kanker Servik”, Yogyakarta : Sinar Kejora, 2010.

Kusrini, “Sistem Pakar, Teori dan Aplikasi” Andi Offset, Yogyakarta, 2006.

Sutojo, T., et al., “Kecerdasan Buatan”, Yogyakarta: Andi Offset, 2011

Rismawan, T., & Hartati, S., “Case-Based Reasoning untuk Diagnosa Penyakit THT,” J. IJCCS, Vol.6, pp. 67-78, Juli. 2012.

Rosnelly, R. & Hartati, S. Penalaran Berbasis Kasus (Case Based Reasoning) Untuk Diagnosis Penyakit Menggunakan Algoritma C4.5 [online]. Available: https://docplayer.info/38876290-Penalaran-berbasis-kasus-case-based-reasoning-untuk-diagnosis-penyakit-menggunakan-algoritma-c4-5-rika-rosnelly-sri-hartati.html

Ambar, Y., Kusrini, & Henderi, “Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbour Dalam Menentukan Pembinaan Koperasi Kabupaten Kotawaringin Timur Application of K-NN Algorithm in Determining Co-operative Development in East Kotawaringin”, J. CITEC, vol. 5, pp. 232-241, Juli. 2018.

Maiyana, F., “Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa”, J. Sains dan Informatika, vol.4, pp. 54-67, April. 2018.

A. S., Rosa & Shalahuddin, M., “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek”, Bandung: Informatika, 2018.

Hendini, A., “Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak)”, J. Khatulistiwa Informatika, Vol. 4, pp. 107-116, Desember, 2016

Prawirohardjo, Suwono & Wiknjosastro, Hanifa, “Ilmu Kandungan”, Jakarta:Tridasa Printer, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v19i2.17185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2015 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php