RANCANG ULANG DAN SIMULASI TATA LETAK LANTAI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIRWISE EXCHANGE DI PT. ALAM PERMATA RIAU

Merry Siska, Isnaini Hadiyul Umam

Abstract


Tata letak yang baik dan sesuai dengan keadaan perusahaan merupakan salah satu faktor utama untuk mengoptimalkan waktu dan biaya produksi. Masalah utama dalam produksi ditinjau dari segi kegiatan/proses produksi adalah bergeraknya material dari satu departemen ke departemen lain, sampai material tersebut menjadi barang jadi. Pergerakan material pada PT. Alam Permata Riau mengalami permasalahan berupa penempatan stasiun kerja yang ada, masih terdapat ketidakefisienan di dalam proses produksi. Hal ini terlihat pada penempatan stasiun-stasiun kerja yang diletakkan terlalu jauh yang dapat menghambat perpindahan bahannya sehingga akan mengakibatkan tertundanya proses produksi di stasiun berikutnya. Rancangan ulang tata letak fasilitas pabrik pembuatan palet PT. Alam Permata Riau dengan menggunakan metode Pairwise Exchange mendapatkan usulan tata letak baru yang lebih optimal baik dari segi jarak material handling, biaya, maupun output yang dapat dihasilkan dari pada tata letak yang telah diterapkan oleh perusahaan pada saat ini. Dari hasil simulasi yang telah dilakukan, terlihat meningkatnya persen busy ini disebabkan dari semakin dekatnya jarak antar stasiun kerja yang saling berhubungan akan memperlancar perpindahan bahan sehingga waktu untuk menunggu dapat dikurangi. Maka dapat disimpulkan layout usulan lebih baik karena meningkatnya persentase busy yang berdampak pada bertambahnya jumlah output yang dapat dihasilkan dapat diketahui bahwa peranan jarak pada suatu layout akan mempengaruhi besar atau kecilnya persentase busy dan idle namun tidak mutlak mempengaruhi besar atau kecilnya output yang dapat dihasilkan

Keywords


Pairwise Exchange , Witness Simulation , Layout .

Full Text:

PDF

References


Anthara, A. “Usulan Perbaikan Tata Letak Lantai Produksi dengan Metode CRAFT Untuk Meminimasi Ongkos Material Handling”. Majalah Ilmiah UNIKOM. Bandung, 2011.

Apple, J. M. “Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan”. Edisi ke-3. ITB, Bandung. 1990.

Ardhianto, A. “Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas pada Usaha Kecil Menengah Konveksi Adios”. Jurnal Penulisan Teknik Industri FTI Guna Dharma. 2011.

Arifin, M. “Simulasi Sistem Industri”. Edisi ke-1. Graha Ilmu, Yogyakarta. 2009.

Asmungi. “Simulasi Komputer Sistem Dikrit”. Andi, Yogyakarta. 2006.

Hadiguna, R. A, Heri Setiawan. “Tata Letak Pabrik”. Andi, Yogyakarta. 2008.

Henriadi. “Optimalisasi Lintasan Material handling dengan Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Pabrik Tahu dan Penerapan Metode 5S”. Tugas Akhir Teknik Industri UIN Suska Riau. 2012.

Lanner Group Limited. “WITNESS Getting Started Materials”. Lanner Group. 2009.

Lestari, S. “Analisa Tata Letak Pabrik Untuk Meminimalisasi Material Handling di Pabrik Sheet Metal dengan Software Promodel”. Jurnal Teknik Industri, ISSN: 1411-6340. 2011.

Purnomo, H. “Perencanaan & Perancangan Fasilitas”. Edisi ke-1. Graha Ilmu, Yogyakarta. 2004.

Suryani, E. “Pemodelan & Simulasi”. Edisi ke-1. Graha Ilmu, Yogyakarta. 2006.

Sutalaksana, I. “Teknik Tata Cara Kerja”. ITB, Bandung. 1995.

Wignjosoebroto, S. “Ergonomi: Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja”. Guna Widya, Surabaya. 1995.

Wignjosoebroto, S. “Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan”. Edisi ke-3 cetakan ke-4. Guna Widya, Surabaya. 2009.

Yuriyanto. “Perancangan Ulang Tata Letak Lantai Produksi dengan Menggunakan Metode Pairwise Exchange di PT. Cahaya Kawi Ultra Polyntraco”. Tugas Akhir Teknik Industri Universitas Sumatra Utara. 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v13i2.1461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2015 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php