Analisis Penerimaan Pengguna Dapodik Sekolah Dasar Kecamatan Tampan Menggunakan Model TAM dan EUCS

Fauzan Luthfi Yaumul Adha, Muhammad Luthfi Hamzah, Idria Maita, Megawati Megawati, Arif Marsal

Abstract


Sistem informasi Dapodik adalah media yang digunakan oleh sekolah-sekolah yang ada di Indonesia sebagai tempat menampung data dan informasi terkait sekolah dan juga sebagai acuan data bagi Kemdikbud. Data-data tersebut antara lain adalah data siswa, data guru, profil sekolah, fasilitas, dan informasi lainnya terkait sekolah. Setiap sekolah mempunyai satu operator Dapodik yang bertugas untuk mengoperasikan Dapodik. Pada penggunaannya, terdapat beberapa kendala yang dirasakan oleh operator yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai tingkat penerimaan operator terhadap Dapodik. Penelitian ini dilakukan pada jenjang sekolah dasar tepatnya pada seluruh sekolah dasar yang ada di Kecamatan Tampan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan pengguna terhadap sistem. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan model TAM dan EUCS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh operator sekolah dasar yang ada di kecamatan Tampan. Dikarenakan populasi yang jumlahnya kurang dari 100, teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah sampel jenuh. Proses analisis data menggunakan pendekatan PLS-SEM dengan SmartPLS 3.0. Hasil yang didapatkan adalah 3 dari 8 hipotesis diterima yaitu perceived of usefulness terhadap attitude, perceived ease of use terhadap attitude, dan attitude terhadap user satisfaction.

Full Text:

PDF

References


Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52.

Rachmaningrum, N., Falahah, F., & Sanches, P. (2018). Analisis Dan Pengembangan Sistem Informasi Publik Data Pokok Pendidikan (Studi Kasus Dapodik Kota Padang). Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 4(3).

Choiriyah, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Perbandingan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Artikel Skripsi.

Fanny, N., Adi, K., & Jati, S. P. (2020). Penerapan Model Hot Fit pada Evaluasi Sistem Informasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja di RSUD Dr. Moewardi. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 19(1), 19–25. https://doi.org/10.14710/mkmi.19.1.19-25

Hilmi, M. H. (2018). Pengukuran tingkat penerimaa n pengguna akhir kimia farma employe service technology (kifest) menggunakan pendekatan technology acceptance model (tam) dan end user computing satisfaction (eucs)(studi kasus: Pt kimia farma (persero) Tbk.) (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Sistem Informasi Perpustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/66

Zheng, J., & Li, S. (2020). What drives students’ intention to use tablet computers: An extended technology acceptance model. International Journal of Educational Research, 102(May), 101612. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101612

Dalimunthe, N., & Ismiati, C. (2016). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG ( OPAC ) DENGAN METODE EUCS ( Studi Kasus : Perpustakaan UIN SUSKA Riau ). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Infor, 2(1), 1–5.

Sekundera PL, C. (2006). Analisis Penerimaan Pengguna Akhir Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Dan End User Computing Satisfaction Terhadap Penerapan Sistem Core Banking Pada Bank Abc (Doctoral dissertation, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Istiarni, A. (2016). Analisis Penerimaan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Technology Acceptance Model Dan End-User Computing Satisfaction Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Magelang (Doctoral dissertation, Tesis. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Yogyakarta).g.

Anwar, A. (2017). ANALISIS PENERIMAAAN PEMUSTAKATERHADAP INSTITUTIONAL REPOSITORY BERBASIS E-PRINTS DIPERPUSTAKAANUNIVERSITAS‘AISYIYAHYOGYAKARTA SEBUAH PENDEKATANINTEGRATIFANTARATECHNOLOGY ACCEPTANCE MODELDANEND USER COMPUTING SATISFACTION. In UIN Sunan Kalijaga.

Anggrayeni, D. P. (2015). Analisis Faktor Kesuksesan Sistem Mandatory Use Berdasarkan Model TAM dan End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: Aplikasi UR pada BPJS Kesehatan Divisi Regional VII Jawa Timur) (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Gewald, H., & Gewald, C. (2017). Physician ’ s Use of Mandatory Information Systems : An Exploratory Research in German Hospitals. 3411–3420.

Hunaifi, N. (2018). Penerapan Metode Tam Terhadap Penerimaan Sistem Informasi Produksi Garment. Jurnal Informatika, 5(2), 221–227. https://doi.org/10.31311/ji.v5i2.3701

Suryawan, M. B., & Prihandoko, P. (2018). Evaluasi Penerapan SIAKAD Politeknik Negeri Madiun Menggunakan Pendekatan TAM dan EUCS. Creative Information Technology Journal, 4(3), 233. https://doi.org/10.24076/citec.2017v4i3.113

Al-Gahtani, S. (2001). The Applicability of TAM Outside North America: An Empirical Test in the United Kingdom. Information Resources Management, 14, 26–35.

Al-gahtani, & King, M. (2010). information technology Attitudes , satisfaction and usage : factors contributing to each in the acceptance of information technology. BEHAVIOUR & INFORMATION TECHNOLOGY, 18, 277–297. https://doi.org/10.1080/014492999119020

Nikmatus Sholiha, E. U., & Salamah, M. (2015). Structural Equation Modeling-Partial Least Square untuk Pemodelan Derajat Kesehatan Kabupaten/Kota di Jawa Timur (Studi Kasus Data Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat Jawa Timur 2013). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 4(2), 169–174.

Natalia, E., Hoyyi, A., & Santoso, R. (2017). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadappelayanan Publik Menggunakan Pendekatan Partial Least Square (PLS) (Studi Kasus: Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Gaussian, 6(3), 313–323. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/gaussian

Jr., J. F. H., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2017). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use. International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), 107. https://doi.org/10.1504/ijmda.2017.087624

Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI, 2(2), 81–88.

Sulistiawan, D., Riadi, S. S., & Maria, S. (2018). Pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Kinerja, 14(2), 61. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i2.2480

Nurlaily, H. N. (2019). ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAPODIK PAUD-DIKMAS MENGGUNAKAN TECHONOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) PADA PAUD KECAMATAN CILINCING.

Sanjaya, E. A. (2018). PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN END USER COMPUTING SATISFACTION TERHADAP PENERIMAAN PENGGUNA AKHIR ELECTRONIC DATA PROCESSING DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus di Anugerah Fabric Store YoFillat, Matgyakarta).

Yulianingsih, E., Universitas, D., & Darma, B. (2016). ANALISIS KEPUASAN TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN END USER COMPUTING SATISFACTION. Jurnal Ilmiah MATRIK, 18, 27–42.

Masitah, K. N. (2020). Evaluasi Kepuasan Pengguna Siakad Universitas Tanjungpura Menggunakan Integrasi Technology Acceptance Model ( Tam ) Dan End-User Computing Satisfaction ( Eucs ). 08(02).

Meha, R. H. (2019). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA (Vol. 8, Issue 5).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v18i2.13212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2015 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php