PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODA BALANCED SCORECARD

Vera Devani

Abstract


Balanced scorecard adalah suatu kerangka manajamen yang digunakan untuk mengukur kinerja organisasi. Balanced Scorecard mengukur kinerja perusahaan berdasarkan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perspektif keuangan berada pada kategori cukup baik. Kinerja berdasarkan perspektif konsumen berada pada kondisi baik. Berdasarkan perspektif proses bisnis internal berada pada kategori baik. Kinerja berdasarkan pertumbuhan dan pembelajaran berada pada kategori cukup baik. Dari hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kinerja Radio Gress 105 FM dikatakan cukup baik.

Keywords


Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja

Full Text:

PDF

References


Gaspersz, Vincent. Balance Scorecard dengan Malcom Baldrige dan Lean Six Sigma Supply Chain Management.PT. Percetakan Penebar Swadaya. Bogor. 2012.

Gerson, F. Richard. Mengukur Kepuasan Pelanggan. PPM. Jakarta.2001.

Handayani. B.D. Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada RSUD Kabupaten Kebumen.Jurnal Dinamika Manajemen. 2011. Vol 2 No 1, pp.78-91.

Istiqlal, C.H. Penilaian Kinerja Perbankan Syariah dengan Metoda Balanced Scorecard. Jurnal Ekonomi Islam La_Riba. Desember 2009. Vol 3 No. 2, pp. 167-180.

Kusmayadi. D. Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecard : Kajian Teoritis Dan Empiris. Jurnal Akuntansi FE Unsil. 2009. Vol. 4 No. 1, pp. 536-543.

Marwansyah. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Alfabeta. Bandung. 2009

Rahmawati, A. D., dkk. Analisis Kinerja Organisasi Publik dengan Metoda Balanced Scorecard.Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik. Hal 78-88.

Simamora, B. Membongkar Kotak Hitam Konsumen.PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2009.

Sukma, N.P danKomang Ayu Krisnadewi.Penilaian Kinerja Berbasis Balanced Scorecard pada Bank Utama.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 2013. Vol5 No.2, pp. 497-515.

Rumintjap, M.L.Penerapan Balanced Scorecard sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja di RSUD Noongan. Jurnal EMBA. September 2013. Vol 1 No.3, pp. 841-850.

Rampersad, Hubert. 2005. Total Performance Scorecard.PT. Gramedia Pustaka Utama. PT Jakarta.

Supranto, J. Pengkukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. PT. Rineka Cipta, Jakarta. 1997.

Yamit, Zulian, Manajemen Kualitas CV. Ekonisia. Yogyakarta. 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v13i1.1266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php