STRATEGI PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN DENGAN METODE PROGRAMA LINIER (STUDI KASUS DI UKM SHARON PLASTIC)

Sandra Widjaja, Kartika Suhada, Rainisa Maini Heryanto

Abstract


Sharon Plastic adalah sebuah Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bidang produksi alat-alat plastik. Adapun produk yang dihasilkan adalah gulungan benang, keran catok, kaki ranjang, dan mainan berbentuk terompet. Masalah yang dihadapi adalah sebagian besar permintaan gulungan tidak terpenuhi sehingga profit yang diperoleh tidak maksimal. Hal ini dikarenakan kurang tepatnya strategi produksi saat ini, dimana perusahaan hanya menerapkan 1 shift waktu kerja reguler.

Dalam penelitian ini, diusulkan 2 alternatif strategi produksi, yaitu menerapkan waktu kerja reguler dan lembur dengan tambahan 1 mesin baru sebagai strategi 1 dan menerapkan 2 shift waktu kerja reguler dengan investasi 1 cetakan gulungan benang baru sebagai strategi 2. Kedua alternatif strategi usulan tersebut diformulasikan sebagai permasalahan pemrograman linier dengan tujuan meminimasi total biaya. Berdasarkan pengolahan data, strategi saat ini menghasilkan total biaya rata-rata sebesar Rp 93.979.065,-/tahun. Sementara strategi yang diusulkan adalah strategi 2 dengan total biaya terkecil yaitu rata-rata sebesar Rp 222.477.751,-/tahun dan payback period alat investasi sebesar 4 bulan. Dengan menerapkan strategi 2, seluruh permintaan gulungan benang terpenuhi dan terjadi peningkatan profit rata-rata sebesar Rp 67.960.212,-/tahun atau 141%.

 

Kata Kunci:  minimasi biaya, pemrograman linier, peningkatan profit, periode pengembalian, strategi produksi

Full Text:

PDF

References


Anita, Utcik., Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Produk Furniture (Studi Kasus pada PT. Hanin Designs Indonesia – Indonesian Legal Wood), Jurnal Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, 2013, pp. 3-5.

Fahrizal., Prosedur Pengolahan Plastik dengan Metode Injection Molding, Vol. 1, No. 1, Juli 2009, pp. 15-17.

Kamauff, John., Manager’s Guide to Operations Management, McGraw-Hill Education, New York, 2010.

Rader, David J., Deterministic Operations Research: models and methods in linear, John Wiley & Sons, Inc, New Jersey, 2010.

Ramadhan, Anwar Ilmar., Diniardi, Ery., dan Daroji, Muhamad., Analisa Penyusutan Produk Plastik pada Proses Injection Molding Menggunakan Media Pendingin Cooling Tower dan Udara dengan Material Polypropylene, Jurnal Riset Sains dan Teknologi (JRST), Vol. 1, 2017, pp. 65-74.

Rosato., Injection Molding Handbook, 3rd ed., Kluwer Academic Publishers, Massachusetts, 2000.

Santoso dan Heryanto, Rainisa M., Perencanaan dan Pengendalian Produksi 1, Alfabeta, Bandung, 2017.

Sari, Ceni F., Sawaki, Magriet E., dan Sabarofek, Margareth S., Pengaruh Analisis Investasi Terhadap Kelayakan Penambangan Batu Mangan di PT. Berkat Esa Mining, Jurnal Science Tech, Vol. 4, No. 1, Februari 2018, pp. 14.

Stevenson, William J., Operations Management, 11th ed., McGraw-Hill/Irwin, New York, 2011.

Suparno., Perencanaan Produksi Menggunakan Metode Agregat pada Kayu Olahan Jenis Turning Model Payung Ukuran 4,5 cm x 81 cm Untuk Meminimalkan Biaya Produksi, Kaizen : Management Systems & Industrial Engineering Journal, Vol. 1, No. 2, 2018, pp. 76-77.

Sutalaksana, Iftikar Z., Anggawisastra, Ruhana., dan Tjakraatmadja, Jann H., Teknik Perancangan Sistem Kerja, ITB, Bandung, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v19i1.11825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sandra Widjaja, Kartika Suhada & Rainisa Maini Heryanto




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php