Peningkatan Kualitas Pelayanan Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana dengan Menggunakan Metode Servqual dan QFD

Ismail Kurnia, Prima Fithri, Vera Lumban Raja

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesenjangan antara persepsi dan harapan pengguna terhadap layanan di Fakultas Teknik Univeristas Krisnadwipayana dan mengetahui tingkat prioritas kebutuhan mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas layanan berdasarkan dimensi kualitas layanan. Ini dilakukan dengan menggunakan metode Servqual dan Quality Function Deployment (QFD). Ditemukan bahwa keseluruhan dari atribut tidak memenuhi ekspektasi pengguna karena terdapat gap negatif. Pemeringkatan gap, untuk semua dimensi, adalah dimensi responsiveness, tangibles, empathy, reliability, dan assurance. Ini menunjukkan bahwa ekspektasi pengguna belum terpenuhi. Manfaat utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan harapan pengguna terhadap layanan yang diberikan serta mendapatkan prioritas perbaikan yang akan diambil oleh Fakultas Teknik Univeristas Krisnadwipayana.


Full Text:

PDF

References


Bakhtiar, Syukuriah, Yustika T. (2017) “Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Dengan Metode Servqual dan QFD Pada Bank Aceh Cabang Krueng Geukueh”, Jurnal Teknik Industri FT Unimal, Universitas Brawijaya, Malang.

Mandati S. T., Achmadi F. (2018) “Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Kepuasan Nasabah Dengan Metode QFD Dan Kaizen”, Jurnal Program Magister Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya.

R Erinsyah Maulia, Matondang A. R., Ginting R. (2013) “Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Model Kano Serta Aplikasi Quality Function Deployment (QFD) Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Jasa Perbankan”, Jurnal Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Tjiptono F., Chandra G. (2015) “Service Quality dan Satisfaction” Edisi Keempat, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Wijaya T. (2018) “Manajemen Kualitas Jasa (Desain Servqual, QFD, dan Kano)”, Edisi Kedua, Penerbit Indeks Jakarta, Jakarta.

Yushila Aulia B., Effendi Mas’ud, Effendi Usman. (2017) “Analisis Kepuasan Konsumen Dengan Metode Fuzzy-Servqual Dan Quality Function Deployment (Studi Kasus Café Right Time Malang), Jurnal Teknologi Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang.

Zagloel, T.Y.M. dan Nurcahyo, R. 2013. Total Quality Manajemen: Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri. PT. Indeks. Jakarta. Hal 82-83.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v18i2.10924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sains dan Teknologi Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2015 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php