Evaluasi Pengukuran Sumber Daya Manusia It Terhadap Pengelolaan IRAISE Bedasarkan COBIT 5

Megawati Megawati, Endang Setianigsih

Abstract


Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) merupakan pusat pengembangan dan pelayanan teknologi informasi. Fungsi (PTIPD) sangatlah penting peningkatan kualitas layanan internet untuk semua civitas akademik Uin Suska Riau. Menyediakan server untuk pengelolaan data terintegrasi bagi aplikasi yang ada di lingkungan Uin Suska Riau. Permasalahan yang didapat saat ini, dengan kurang efektifnya proses pelayanan keluhan pada Iraise yang dilaksanakan oleh Administrator Customer Care Center, yaitu Administrator kesulitan dalam menangani keluhan yang masuk dan pemberitahuan apakah pelayanan sudah berhasil, pada bulan maret 2019 di PTIPD mengalami mutasi pegawai, sehingga pegawai baru menyesuaikan tugas di tempat yang baru, dan mengalami kekurangan SDM IT pada aplikasi iraise, sehingga banyak keluhan mahasiswa dan laporan keluhan dari Administrator C3 penyelesaiannya ditujukan satu pegawai senior saja, mengakibatkan banyak memakan waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kapabilitas dan Memberikan rekomendasi perbaikan terkait manajemen SDM IT agar kinerja sistem saat ini berjalan lebih baik. Metode yang digunakan adalah Cobit 5 terfokus pada proses APO 07, Pada proses ini melakukan pendekatan terstruktur untuk memastikan struktur yang optimal, penempatan, hak keputusan dan keterampilan SDM. Hasil penelitian ini ialah PTIPD berada pada level 3 yaitu Largely archived (L) bahwa proses yang dilakukan sebelumnya telah dikelola (direncanakan, dipantau dan disesuaikan).


Full Text:

PDF

References


Adikara, F., dan Pambudi, A. (2012). Analisis kebutuhan stakeholder dalam rangka mengembangkan model tata kelola teknologi informasi dengan kerangka kerja cobit-5 pada perguruan tinggi. Prosiding KNTI.

Alsri, W. (2017). Evaluasi sdm sistem informasi akademik poltekkes kemenkes padang menggunakan framework cobit 5. JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 146–152.

Audit, I. S., Association, C., dan Isaca. (2012). Cobit 5: Implementation.ISACA.

Hakim, A., Saragih, H., dan Suharto, A.(2014). Evaluasi tata kelolateknologi informasi dengan framwork cobit. 5 di kementerian esdm. Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 108–117.

Novita, R., Nugroho, E., dan Sumaryono, S.(2014). Penilaian tingkat capability tata kelola ti pada aspek manajeman sumber daya manusia. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 2(1), 2–07.

Permata, U., dan Dedi, D. (2016). Audit tata kelola teknologi informasi (emis) menggunakan framework cobit 5 pt. tdm bandar lampung. Dalam (Vol. 10, hal. 1–6).

Pragita, C., Firdaus, Y., dan Perdana, E. (2014). Analisis audit sistem informasi pada domain apo (align, plan, and organise) manage quality de-ngan menggunakan cobit framework (studi kasus: Direktorat sistem informasi universitas telkom). eProceedings of Engineering, 1(1).

Umar, H. (2002). Evaluasi kinerja perusahaan. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v18i1.10875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sains dan Teknologi Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php