PENERAPAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) MENGGUNAKAN KERNEL RADIAL BASIS FAUNCTION (RBF) PADA KLASIFIKASI TWEET

imelda amuis, Muhammad Affandes

Abstract


Twitter salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh publik. Twitter merupakan salah satu wadah atau tempat untuk berbagi informasi dan juga dapat digunakan untuk berkampanye dan berpromosi barang atau jasa juga sering disebut dengan bisnis. Twitter merupakan salah satu media sosial yang  dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut.Bisnis menggunakan media sosial twitter dapat dilakukan dengan cara membagikan tweet  kepada pengguna Twitter. Pada penelitian ini akan dilakukan pengklasifikasian data tweet menggunakan metode support vector machine (SVM) tersebut agar  tweet yang ada tidak bercampur antara iklan dan tidak iklan. SVM salah satu metode yang dapat melakukan pengklasifikasi data dengan baik, karena proses yang akan dilakukan bersifat non linear maka akan menggunakan kernel RBF (Radial Basis Function) dimana parameter yang akan digunakan adalah nilai C dan γ. Dari hasil uji coba, aplikasi menunjukkan akurasi stabil  pada rentang nilai 0 ≤ C ≤ 3 dan  0.01≤ γ ≤ 10 pada data yang belum dilakukan pemilihan fitur dan akurasi stabil pada rentang nilai 0 ≤ C ≤ 300 dan  0.01≤ γ ≤ 10. Dengan pencapaian nilai akurasi yang baik maka, hasil ini dapat diterapkan untuk membantu pengguna Twitter untuk melakukan filter terhadap tweet iklan yang terdapat pada akun Twitter mereka.


Keywords


lasifikasi, RBF, Support Vector Machine, Tweet, Twitter.

Full Text:

PDF

References


Dennis Aprilla C, Donny Aji Baskoro, I Wayan Simri Wicaksana, Lia Ambarwati, 2013. Belajar Data Mining Dengan Rapid Miner: Jakarta.

Herlian, M. 2006. Machine Learning Teks Categorization.Univercity Of Texas at Austin (diakses pada tanggal 18/12/2013)

Kasali. 1992.Manajemen Periklanan dan Aplikasinya di Indonesia

Liliana, Dewi Y, dkk, 2011. Indonesian News Classification Using Support Vector Machine. Word Academiy Of Science, Engineering And Technology.

Nugroho, dkk.2003. Suppoort Vector Machine –Teori Dan Apikasinya Dalam Bioinformatika

Sulistyo Wiwin . 2008. Klasifikasi Dokumen Berbahasa Inggris Berdasarkan Weighted-Trem. Jurnal Teknologi Informasi (diakses pada tanggal 15/04/2014)

Wibisono, Yudi, 2005. Klasifikasi Berita Berbahasa Indonesia Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. In Proceding Of Seminar Nasional Matematika UPI Bandung, 2005.

Yusra, 2013. Klasifikasi Minat Pengguna Twitter Berdasarkan Tweet, Menggunakan Support Vector Machine. Institut Teknologi Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v12i2.1010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php