DAMPAK PEMAHAMAN NILAI KEISLAMAN TERHADAP KOMUNIKASI PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN (Studi pada Masyarakat Peduli Api Desa Sepahat Bukit Batu Kabupaten Bengkalis)

Nurdin Nurdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman nilai keislaman dengan pola komunikasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Desa Sepahat Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 32 orang anggota Masyarakat Peduli Api (MPA). Hasil penelitian menunjukkan adanya komunikasi yang sangat intens di kalangan anggota MPA dan terdapat pengaruh yang kuat antara penanaman nilai keislaman terhadap pola komunikasi anggota MPA. Oleh Karena itu penanaman nilai keislaman mempunyai kontribusi bagi terbentuknya pola komunikasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan bagi anggota MPA di Desa Sepahat Kabupaten Bengkalis.


Keywords


Komunikasi, Nilai Keislaman, Pencegahan Karhutla

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jdr.v27i2.2515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




   




Editorial Office:

2nd Floor, Building of Faculty of Da'wah and Communication, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email : jurnalrisalah@uin-suska.ac.id