User Profile

Jessia Jessia Tailor Tailor

Bio Statement

Punya banyak koleksi ransel tentu benar-benar menyenangkan, ga perlu bingung matchingin dengan pakaian dan sepatu karena aksesoris tas lengkap di lemari. Tapi sadarkah kita terlalu lama mendiamkan di lemari bahkan akan membikin warna tas tidak secerah saat pertama kali membeli? Atau terdapat bercak2 putih? Tak usah panik, Berikut sebagian sistem merawat tas supaya konsisten awet:

 

1. Setiap kali selesai memakai ransel, pastikan semua isi tas sudah dikosongkan terlebih dulu sebelum disimpan di dalam lemari. Lipstick, tinta pena, bon yang luntur, dan masih banyak jenis benda lainnya yang amat mungkin bisa mencemari dan malah merusak tas kesayangan kau. 

 

2. Masukkan kertas roti atau tissue paper yang telah dipadatkan (diremas2 jadi bola) untuk menjaga format ransel konsisten tak berubah saat disimpan. Jangan menggunakan kertas koran ataupun jenis kertas lainnya sebab dapat melunturi material tas.

 

3. Saat tas akan disimpan, sebaiknya dibungkus terpenting dahulu dengan dust cover atau sarung yang biasanya diberikan ketika anda membeli tas hal yang demikian. Usahakan untuk membungkusnya dengan cover atau sarung yang original, tapi jika hilang atau memang tak ada, anda bisa menggunakan sarung dari bahan katun atau fanel yang tak luntur. Untuk ransel denga bahan keras seperti tipe hardcase dan minaudiere, sebaiknya disimpan kembali ke dalam kotaknya.

 

4. Seandainya ransel disimpan dalam lemari, gunakan produk antilembab seperti kamper atau silica gel yang dapat dibeli di apotek. Letakkan dalam tas Anda supaya tak berjamur.

 

5. Untuk ransel yang mempunyai aksesoris tertentu seperti Kristal atau bebatuan, sebaiknya dibungkus dengan bubble wrap (plastik dengan bantalan udara bulat kecil seperti gelembung) sebelum dimasukkan ke dalam sarung atau kotak, supaya terhindar dari benturan saat jatuh atau tertekan benda lain.

 

6. Pisahkan tas kulit dengan ransel berbahan plastik (sintetis). Ransel plastik bisa menyerap bahan pencelup warna pada kulit yang menyebabkan tas kulit bernoda seperti jamur.

 

7. Tas kulit perlu perawatan khusus karena rentan terhadap sobekan, pergesekan, dan kerutan. Hindari kontak lantas dengan cahaya sang surya dalam waktu yang lama sebab bisa merusak permukaan kulit seperti pecah-pecah atau retak.

 

8. Bila tas terkena noda atau cairan segeralah bersihkan dengan menerapkan lap kering yang bertekstur lembut agar noda tak menyerap pada material tas. Kalau noda hal yang demikian tidak dapat hilang, segeralah bawa ke spesialis yang sudah professional dalam membersihkan ransel. Hindari terkena noda seperti tinta, sebab noda ini lazimnya sungguh-sungguh susah dan pun tak bisa dibersihkan.

 

9. Ketika mengenakan jeans hindari mengaplikasikan ransel dengan bahan kanvas atau tas dengan warna-warna muda. Karena semahal apapun celana jeans, biasanya jeans mengaplikasikan teknik dying yang bisa melunturkan dan mencemari ransel.

 

10. Bila kau punya tas kulit yang sudah terlanjur berjamur, sikat dengan lap bertekstur lembut. Seandainya bercak putih itu terdapat di bagian dalam tas, bersihkan dengan sikat halus. Baru kemudian bersihkan dengan lap kering. Pakai sabun khusus kulit (saddle soap) atau krim pembersih khusus untuk kulit. Keduanya bisa diperoleh di pasar swalayan. Supaya mengkilap, gosoklah dengan kain lembut.

 

11. Sekiranya ransel Anda terbuat dari kulit sintetis, bersihkan dengan menerapkan lap karet. Celupkan ke dalam larutan cuka dan gosok secara pelan. Bersihkan sisa cuka dengan kain bersih.

 

12. Kecuali merawat bahan, perhatikan juga resleting pada ransel. Kotoran yang terselip pada resleting mesti dibersihkan agar resleting dapat bergerak mulus ketika menutup dan membuka ransel. Gunakan lilin lebah (umum terdapat di kios perkakas keras) di sepanjang \"gigi\" resleting supaya resleting tidak macet.

 

13. Sebaiknya gunakan tas secara bergantian, biar ranselnya bisa bernafas ga bosen dalam lemari terus, hehe. atau Keluarkan ransel dari lemari secara terjadwal  agar mendapatkan udara segar, sehingga terhindar dari jamur dan bau apek. Bersihkan tas secara rutin. Seandainya di daerah anda ada jasa membersihkan yang telah terpercaya, anda dapat membersihkannya secara terprogram .\"

 

Sumber: Cheap Bags Gallery

MEMBERSIHKAN TAS BERDASARKAN BAHAN 

 

\"ANDA seorang yang pecinta tas dan Koleksi Tas atau Bags Collection amat banyak dari beragam-jenis bahan? Koleksi Ransel atau Bags Collection ini tentu mesti dirawat supaya dapat bertahan lama, indah, dan senantiasa kelihatan baru. Perawatan untuk setiap variasi bahan ransel malah terang berbeda. Merawat ransel, tak boleh lupa untuk mencari tau dulu bahan yang digunakan. Beda bahan ransel beda pula cara merawatnya. Ini sebagian kiat sistem merawat tas yang tepat yang disesuaikan dengan materi yang digunakan

 

Leather (Kulit)

Kulit ialah bahan paling lentur, awet, dan berkwalitas untuk dihasilkan ransel. Merawat ransel kulit autentik semestinya rutin dijalankan. Caranya, semir ransel kulit (pilih semir warna netral) setiap 3-4 bulan sekali. Gunakan sikat berambut halus. Mulailah menyemir dari komponen bawah ransel untuk mempertimbangkan semir tak merusak warna ransel. Lalu, sikat pelan ke arah atas sesuai tekstur kulit.

 

Patent Leather

Untuk tas berbahan patent (kulit lak paten), Anda bisa menggunakan mineral oil, petroleum jelly atau aseton untuk membantu membersihkan kotoran dan noda kecil pada tas. Letakkan pembersih yang Anda pakai di atas sebuah kain yang lembut. Usapkan secara pelan dengan tekanan lembut pada bagian yang terkena noda hingga hilang.

 

Kain

Pada umumnya untuk tas berbahan kain dirawat dengan memakai vacum cleaner berukuran kecil. Dengan semacam itu semua debu dan kotoran akan lebih gampang sirna. Tapi penggunaan vacum cleaner hanya bisa dipakai seandainya tas mempunyai konstruksi yang kuat. Sekiranya tidak, Anda bisa juga membersihkannya dengan air hangat dan sedikit detergent. Pastikan jangan mencucinya dengan sistem disikat, cukup kucek sedikit hingga noda sirna.

 

Celana Blackhawk

 

Tas kain dengan manik-manik, bebatuan, atau ornamen lazimnya lebih sukar dibersihkan, apalagi seandainya terkena noda. Jangan bersihkan sendiri tas kain ragam ini karena dapat merusak warna dan ornamennya. Sebaiknya, kunjungi tukang tas yang dapat membersihkannya. Tetapi, Anda konsisten bisa merawatnya. Simpan tas dalam kantong khusus yang diberikan saat awal membelinya. Untuk menjaga wujudnya, isi ransel dengan serpihan kertas atau tisu. Simpan pada posisi berdiri atau digantung bersama wadahnya.

 

Tas Ransel Army

 

Suede

Merawat ransel suede yang lembut dari kulit kambing yang dianyam bisa cukup dengan menyikatnya untuk menghindari bahan suede mengeras dan kelihatan kusam. Ransel suede jangan disimpan di tempat lembab supaya tekstur kulitnya tak rusak. Untuk membersihkan bagian dalamnya, pakai penyedot debu kecil untuk menjangkau debu di bagian tersembunyi. Lalu, bungkus ransel dengan kertas tisu bebas asam dan masukkan ke dalam kotak dengan posisi rebah. Kadang diangin-anginkan agar tak cepat berjamur.

 

Ransel yang terbuat dari bahan suede bisa dibedakan menjadi dua sistem tergantung noda yang diperoleh. Seandainya tas suede terkena noda kering, Anda bisa membersihkannya dengan menerapkan penghapus pensil dengan karet kenyal. Sapukan penghapus pada bagian tas yang terkena noda.

 

Bila terkena noda yang basah, tempelkan handuk kecil pada bagian yang basah agar air terserap hingga kering, setelah itu baru Anda bisa memakai penghapus pensil. Jangan membersihkan bahan suede dengan produk penghapus noda seperti aseton sebab dapat merusak bahan suede. Untuk finishing, sikat bahan suede dengan sikat khusus.

 

Plastik

Siapkan air yang ditetesi sedikit sabun. Boleh memilih sabun apa saja, yang umum dipakai untuk keperluan rumah tangga dan berkwalitas baik. Seka permukaan Ransel Plastik atau Bags Plastics dengan kain lap yang dibasahi larutan sabun tadi. Lalu, bersihkan sisa sabun dengan lap kering. Angin-anginkan ransel sampai kering. Agar Ransel Plastik atau Bags Plastics konsisten mengilap, semprotkan silicone wax yang dapat dibeli di toko sepatu olahraga.

 

Anyaman Jerami

Untuk membersihkan debu di sela-sela anyaman jerami, gunakan penyedot debu kecil (yang biasa dipakai untuk membersihkan sofa). Supaya menonjol mengilap, dapat pakai cairan pembersih untuk sepatu kets. Caranya, pakai lap bersih untuk mengulaskannya. Lalu, keringkan dengan metode digantung di tempat teduh. Hindari menjemur tas jerami di bawah cahaya matahari segera karena bisa mengerut.

 

Rantai

Ransel dengan aplikasi rantai juga memerlukan perhatian khusus. Bersihkan rantai dengan cara membungkus rantai dengan kain flanel, usul kain ke dalam rantai kemudian tarik. Lakukan berulang kali sampai rantai Anda kembali bercahaya