Efektivitas Islamic Parenting Training Untuk Meningkatkan Harga Diri Orangtua yang Memiliki Anak Retardasi Mental

Vivik Shofiah, Yulita Kurniawaty Asra, Hirmaningsih Hirmaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Islamic parenting training dalam meningkatkan harga diri orangtua yang memiliki anak retardasi mental. Islamic parenting training merupakan suatu bentuk pelatihan tentang pengasuhan yang dilandaskan pada konsep Islam yang dapat dilakukan untuk membantu orangtua mengatasi masalah harga diri yang rendah.Hipotesis dalam penelitian ini adalah Islamic parenting training efektif untuk meningkatkan harga diri orangtua yang memiliki anak retardasi mental. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan eksperimen pre and post test one group design. Subjek penelitian lima orangtua yang memiliki anak retardasi mental di SLB Pelita Hati Pekanbaru. Alat ukur yang digunakan adalah skala harga diri dengan 45 aitem. Analisis dengan menghitung perbedaan mean harga diri pada masing- masing subjek sebelum dan sesudah mendapatkan Islamic parenting training, Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan Islamic parenting training tidak memiliki pengaruh signifikan dalam peningkatan harga diri. Hal ini berarti Islamic Perenting training kurang efektif meningkatkan harga diri orang tua yang memiliki anak retardasi mental.

Kata Kunci : Islamic parenting, harga diri, retardasi mental


References


Abdurrahman, Jamal. (2010). Islamic

Parenting (Pendidikan Anak Metode

Nabi). Solo : PT Aqwam Media

Profetika

Altalib,Hisham, Yahya, (1991). Traning Guide

for Islamic Workers. Hemdon. The

International Institute of Islamic Thougt

Al-Qur’an digital

American Psychiatric Association. (2000).

Diagnostic and Statistical Manual of

Mental Disorders (4th ed.).

Washington, DC: American

Psychiatric Association.

An-Nahlawi, A. (1996). Pendidikan Islam di

Rumah, Sekolah dan Masyarakat

(Terjemahan). Jakarta : Gema Insani

Press

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur

Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta. Rineka Cipta

Azwar, S. (2002). Validitas dan Reliabilitas,

Cetakan ketiga, Yogyakarta : Pustaka

Pelajar

Botsari, E. M. (2001). Personality

Characteristics of Greek Mothers

of Children with Special Needs who

are Involved in Special Needs

Support Center. Journal of

educational studies.

Branden,(1992). The Power of Self Esteem.

Florida: Health Communication. Inc

Hastuti dan Zamralita (2004). Penyesuaian

Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak

Retardasi Mental Ringan. Arkhe

jurnal ilmiah Psikologi, Volume 9

No2, 90-98.

Hurlock, E.B. (1999). Psikologi

Perkembangan Sepanjang Rentang

Kehidupan. Jakarta: Airlangga

Huroniyah, F. 2004. Hubungan antara

Persepsi Pola Asuh Islami terhadap

Kematangan Beragama dan Kontrol

Diri. Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana

Universitas Gadjah Mada

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005).

Jakarta. Balai Pustaka

Latipun. 2002. Psikologi Eksperimen.

Malang. UMM.Press

Maulina, B dan Sutatminingsih, Raras R.

Stres ditinjau dari Harga Diri

pada Ibu yang Memiliki Anak

Penyandang Retardasi Mental.

Jurnal Psikologia. Vol. 1 No.1 Juni

Mangunsong, F. dkk. (1998). Psikologi dan

Pendidikan Anak Luar Biasa. Cetakan

Jakarta : LPSP3 UI

Minchinton,J. (1993). Maximum Self Esteem.

The Handbook For Reclaiming Your

Sense of Self Worth. Kualalumpur.

Golden Books Centre.Sdn.Bhd

Nevid, J.S., Rathus, S.A. & Greene, B.

(2005). Psikologi Abnormal, Edisi

kelima, Jilid 2. Jakarta: Penerbit

Erlangga.

Nurmitasari, I. (2011). Pengasuhan Islami

Single Parent terhadap Kesehatan

Mental Anak Remaja. Studi Kasus

Keluarga Ibu Nunung di Seturan

Yogyakarta. Skripsi. UIN Suka

Yogyakarta.

Riggio, R.E., Ciulla, J., & Sorenson, G.

(2003). Leadership education at the

undergraduate level: A liberal arts

approach to leadership development.

In S.E. Murphy & R.E.

Sattler, J.E. (2002). Assessment of Children

Behavioral and Clinicial Appli-

cations. Third edition. San Diego:

Jerome M. Sattler, Publisher.

Seniati dkk. (2009) Psikologi Eksperimen. PT

Indeks. Jakarta

Siegel,S. (1997). Statistik Non Parametrik

untuk Ilmu-imu Sosial. Jakarta. PT

Gramedia

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian

Kualitatif Kuantitatif dan R&D.

Bandung. Alfabeta

Sukur, ddk. (2012). Gambaran Konsep Diri

Orangtua yang Memiliki Anak

retardasi Mental di SLB C YPPLB

Cenderawasih Makasar. Jurnal Vol. 1

No. 5 ISSN 2302-1721

Wenar. C. & Kerig, P. (2006). Developmental

Psychopatology. From Infancy to

Adolescence. Fifth edition. New York:

Mc. Graw Hill Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v12i1.3009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.