Perbedaan Usia Wanita Ketika Menikah (Remaja dan Dewasa) dalam Hubungannya dengan Penyesuaian Pernikahan di Kota Makassar

Muchlisah Muchlisah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penyesuaian pernikahan antara perempuan yang menikah pada usia remaja dan usia dewasa di kota Makassar. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 80 orang yang dipilih dengan menggunakan metode aksidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala penyesuaian pernikahan. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t independen dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 14.0 for windows. Hasil uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan ada perbedaan penyesuaian pernikahan antara perempuan yang menikah pada usia remaja dan usia dewasa di kota Makassar (nilai signifikansi = 0,022 > 0,05). Perempuan yang menikah pada usia dewasa cenderung memiliki tingkat penyesuaian pernikahan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan penyesuaian pernikahan perempuan yang menikah pada usia remaja.

Keywords


Penyesuaian pernikahan, remaja, dewasa.

Full Text:

PDF

References


Alhusin, S. 2000. Aplikasi Statistik Praktis dengan dengan SPSS 9. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Azwar, S. 2003. Tes Prestasi (Edisi ke dua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Fitzpatrick. 1988. Between Husban & Wives:.Communication In Marriage. London: Sage Publication.

Hadi, S. 2001. Metodologi Research (Jilid 3). Yogyakarta: Andi.

Hurlock, E.B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan oleh Istiwidayanti & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Jufri, M. 2005. Seksualitas Manusia: Rahasia Sukses Membina Cinta dan Pernikahan. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Laily, S. 2007. Penyesuaian Perkawinan pada Wanita di awal Pernikahan (Studi pada Wanita yang Menikah Melalui Proses Perjodohan, Pacaran, dan Ta'aruf). Skripsi: tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Laswell, M. & Laswell, T. 1987. Marriage and the Family. California: Wadsworth Publishing Company.

Mappiare, A. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Mokoginta, M. 2001. Hubungan Kematangan Emosi dengan Kepuasan Pernikahan. Ringkasan Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Mubin & Cahyadi, A. 2004. Psikologi Perkembangan. Ciputat: Quantum Teaching.

Papalia, D.E., Olds, S.W., Feldman, R.D. 2003. Human Development. New York: Mc.Graw-Hill Book Company.

Pikunas, J. 1976. Human Development: An Emergent Science. New York: Mc. Graw-Hill Book Company.

Rahmawati, 2005. Analisis Permintaan Anak pada Perempuan Pasangan Usia Muda di Kota Makassar, (Online), (http://www.damandiri. or.id/file/rahmawatiunhasbab4a.pdf, diakses 20 Februari 2008).

Satoto. 2008. Usia Kian Bertambah, Kapan Menikah?, (Online), (http://www.bali post.co.id., diakses 12 Maret 2008).

Scanzoni, L.D. & Scanzoni, J. 1988. Men, Women, and Change: A Sociology of Marriage and Family. New York: Mc.Graw Hill Book Company.

----------------. 2007. Usia Lima Tahun Perkawinan Rawan?, (Online), (www.republika.co.id., diakses 09 November 2007).

----------------. 2007. Penyesuaian Diri Remaja Putri yang Mengalami Pernikahan muda, (Online), (http:// www.library.gunadarma.ac.id., diakses 27 November 2007).

Wahyuningsih, H. 2002. Pernikahan: Arti Penting, Pola, dan Tipe Penyesuaian antar Pasangan. Jurnal Psikologika. Vol. VII (4): 14-24.

Williams, J.H. 1977. Psychology Of Woman: Behavior In A Biosocial Context. New York: Norton & Company Inc.

Winarsunu, T. 2002. Statistik; Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.

Yayasan Lembaga Sabda (YLSA). 2003. Persiapan Sebelum Menikah, (Online), (http://artikel.sabda.org., diakses 26 November 2007).

Yayasan Lembaga Sabda (YLSA). 2004. 6 Pilar Penyangga Perkawinan, (Online), (http://artikel.sabda.org., diakses 17 November 2007).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v8i2.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.