Sabar dan Tawakkal Sebagai Solusi dalam Mengatasi Stres Guru Sekolah Luar Biasa

Anri Saputra, Kadar Kadar, Vivik Shofiah

Abstract


Stres tidak bisa dilepaskan dari guru Sekolah Luar Biasa. Berbagai fenomena serta hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sabar dan tawakkal merupakan faktor yang berkaitan dengan stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh sabar dan tawakkal terhadap stres guru Sekolah Luar Biasa. Penelitian ini dilakukan pada 164 subjek yang berprofesi sebagai guru Sekolah Luar Biasa di kota Pekanbaru. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala psikologis yaitu skala sabar, skala tawakkal, dan skala stres. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi regresi berganda, dan analisis model SEM (Structural Equation Modeling). Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara sabar dan tawakkal secara langsung, dan terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara tawakkal dan stres secara langsung, sementara sabar tidak berpengaruh secara langsung terhadap stres, karena sabar berpengaruh terhadap stres melalui tawakkal. Kontribusi sabar terhadap tawakkal secara langsung adalah sebesar 63%, dan kontribusi tawakkal terhadap stres secara langsung sebesar 53%.


References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Z. (2009). Ketika Stress Beraksi Islam Punya Solusi. Jurnal Dakwah dan Komunikasi. Vol. 3, No.1, hlm. 148-166.

Al-Jauziyyah, I. Q. (2009). ‘Uddatu Ash-Shabirin Wa Dzakhiratu asy-Syakirin. Penerjemah: A.M. Halim. Jakarta: Maghfirah Pustaka.

Al-Syarqawi, H. (2002). Mu’jam Al-alfadzhil Al-shufiyyah. Kairo: Muassasah Mukhtar.

Arraiyyah, M. H. (2002). Sabar Kunci Surga. Jakarta : Khazanah Baru.

Basri, M. M. (2008). Indahnya Tawakkal. Surakarta: Indiva Pustaka.

Billingsley., B. S., & Cross, L. H. (1992). Predictors Of Commitment, Job Satisfaction, And Intent To Stay In Teaching: A Comparison Of General And Special Educators. The Journal of Special Education. Vol. 25, hlm. 453-471.

Brackenreed, D. (2011). Inclusive Education: Identifying Teachers’ Strategies For Coping With Perceived Stressors In Inclusive Classrooms. Canadian Journal of Education Administration and Policy. Vol. 122, hlm.1-37.

Chapman, E. Stone, J. (1996). Visual Impairment. In G. Upton & V. Varma (Eds.), Stress in Special Educational Needs Teachers. England: Arena.

Fun, W.S (2008). Faktor-faktor Yang Mendorong Tekanan Kerja (Stres) Di Kalangan Guru-guru SJK (C): Satu Kajian Di Tiga Buah Sekolah Di Wilayah Persekutuan. Kajian Ilmiah. Universiti Teknologi Malaysia.

Hasan, A. B. P (2008). Pengantar Psikologi Kesehatan Islami. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Jumahat, K. Noor, F. M. Ibrahim, M. B (2013). Faktor-Faktor Penentu Stres dalam Kalangan Guru: Sekolah Rendah Mubaligh Di Kuala Lumpur. Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, No. 1, Vol. 2 hlm. 9.

Kemendiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Republika Indonesia.

Klassen, R. M. Chiu, M. M. (2010). Effects On Teachers' Self-Efficacy And Job Satisfaction: Teacher Gender, Years Of Experience, And Job Stress. Journal of Educational Psychology. 102 Hal. 741-756.

Kokkinos, C. M. (2007). Job Stressors, Personality and Burnout in Primary School Teachers. British Journal of Educational Psychology. Vol. 77, hlm. 229-243.

Kumarakulasingam, T. M. (2002). Relationships Between Classroom Management, Teacher Stress, Teacher Burnout, And Teachers' Levels Of Hope. ProQuest Dissertations and Theses.

Kyriacou, C. Chein, P.Y. (2004). Teacher Stress In Taiwanese Primary School. Journal of Educational Enquiry. Vol. 5, hlm. 86-104.

Lau, P. S. Y. (2002). Teacher Burnout In Hong Kong Secondary Schools. ProQuest Dissertations and Theses.

Lecavalier, L. Leone, S. Wiltz, J. (2006). The Impact Of Behaviour Problems On Caregiver Stress In Young People With Autism Spectrum Disorders. Journal of Intellectual Disability Research. Vol. 50, hlm. 172-183.

Leguminosa, P. Nashori, F. Rachmawati, M. A. (2017). Pelatihan Kebersyukuran Untuk Menurunkan Stres Kerja Guru Di Sekolah Inklusi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 5, No. 2, hlm. 187.

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job Burnout. Annual Reviews Psychology. Vol. 5. hlm. 397-422.

Mubarok, A. (2001). Psikologi Qur’ani. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Muhbar, F. Rochmawati, D. H. (2017). Hubungan Antara Tingkat Stres dengan Beban Kerja Guru Di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Keperawatan. Vol. 5, No. 2, hlm. 85.

Nelson, J. R., Maculan, A., Roberts, M. L., & Ohlund, B. (2001). Sources Of Occupational Stress For Teachers Of Students With Emotional And Behavioral Disorders. Journal of Emotional and Behavioral Disorders. Vol. 9, hlm. 123-131.

Nugroho, Y. J. D., & Khasan, M. (2016). Coping Stress Strategy Pada Guru Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Psikohumanika. Vol. 8, No. 2, hlm. 125.

Nursucianti, Z. Supradewi, R. (2014). Hubungan Antara Stres Kerja Dengan Penyesuaian Diri Pada Guru SLB Di Lingkungan Kerjanya. Jurnal Proyeksi. Vol. 9, No. 2, hlm. 86.

Rahayu, E., & Hadriam, E. (2015). Stres Dan Sense Of Humor Pada Guru SLB C. Jurnal Psikodimensia. Vol. 14, No. 2, hlm. 41.

Rohmah, U. (2012). Resiliensi dan Sabar sebagai Respon Pertahanan Psikologis dalam Menghadapi Post-Traumatic. Academic Journal for Homiletic Studies. Vol. 6, No. 2, hlm. 329.

Sapuri, R. (2009). Psikologi Islam: Tuntunan Jiwa Manusia Modern. Jakarta: Rajawali Press.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interaction 8th edition. Asia: John Wiley & Sons, Inc.

Syarbini, A., & Jumari, A. (2010). Dahsyatnya Sabar, Syukur, & Ikhlas Muhammad SAW. Bandung: Kawan Pustaka.

Tamami. (2011). Psikologi Tasawuf. Bandung: Pusataka Setia.

Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-permasalahan Yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat SD. Jurnal Humanitas. Vol. 13, No. 1, hlm 50-61.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 1991 Tentang Pendidikan Luar Biasa. Pasal 1 ayat 1 dan 2.

Yuwono, S. (2010). Mengelola Stres Dalam Perspektif Islam dan Psikologi. Jurnal Psycho Idea. Vol. 8, No. 2, hlm. 21.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v18i1.14265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.