MENEMUKAN ISLAM INDONESIA: Pandangan Hooker dalam Islam Indonesia

Imron Rosyidi

Abstract


Indonesian Islam adalah term menarik yang selalu menjadi tema penting dalam studi Islam di kawasan Asia Tenggara. Dalam kaitan itu, Hooker mencoba menemukan ‘karakteristik’ keunikan Indonesian Islam dengan mempelajari sejumlah fatwa yang diputuskan oleh empat organisasi Islam penting Indonesia, ditambah satu lembaga semi-pemerintah di bawah departemen kesehatan. Ada dua hal menarik dari temuan Hooker. Pertama, Hooker menemukan bahwa dalam Indonesian fatwas hampir tidak ditemukan tipologi Islam modern versus Islam tradisional yang sering muncul dalam terminology Barat ketika membahas tentang Islam di Indonesia. Hal ini terlihat dari sejumlah produk fatwa yang dikeluarkan oleh NU dan Muhammadiyah. NU seringkali diidentifikasi sebagai organisasi Islam tradisional sementara Muhammadiyah adalah organisasi Muslim modern. Kenyataanya ketika hasil fatwa keduanya dikomparasikan, perbedaannya tidak begitu menonjol. Kedua, produk fatwa adalah produk kreatifitas Muslim Indonesia dalam menerjemahkan revelation ke realitas. Namun, catatan Hooker tentang fatwa sebagai cerminan Islam di Indonesia terbatasi oleh dua masalah. Pertama, fatwa-fatwa tersebut terbatas penyebarannya. Mereka tidak bisa mencapai Islam di pedesaan. Muslim di pedesaan cenderung memilih otoritas kiyai kampung untuk menyelesaikan problem keagamaan mereka daripada fatwa-fatwa tersebut. Kedua, karena fatwa sifatnya tidak binding maka Muslim Indonesia kemungkinan besar tidak mengikutinya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/nusantara.v14i1.7137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  Nusantara; Journal for Southeast Asian Islamic Studies Indexed By:

   

Mailing Address:

Nusantara Journal for Southeast Asian Islamic Studies is published by Institute for Southeast Asian Islamic Studies (ISAIS) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.