TRADISI MANDI BALIMAU Menengok Kembali Nilai Pendidikan Agama Islam pada Tradisi di Riau

Sri Mawarti

Abstract


Artikel ini memotret salah satu tradisi di daerah Riau, yaitu tradisi mandi balimau kasai potang mogang. Tradisi yang diselenggarakan pada saat menjelang bulan Ramadan ini, memiliki pesan moral yang cukup menarik untuk dieksplorasi dengan pendekatan pendidikan. Mandi balimau sendiri bermakna mandi dengan menggunakan air yang dicampur jeruk serta wewangian, kasai adalah salah satu bahan yang dicampurkan didalam air pemandian yang terbuat dari campuran beras, kunyit, daun serai dan daun jeruk purut. Sedangkan potang mogang adalah menjelang petang. Rangkaian acara yang dilakukan antara lain bersih-bersih makam dan ziarah bersama. Secara edukatif, tradisi mandi balimau kasai potang mogang ini memiliki makna; Pertama, sebagai symbol membersihkan diri dalam menyambut bulan suci ramadhan; Kedua, symbol saling memaafkan dengan berkumpul dan bersilaturahim bersama masyarakat, teman, keluarga dan sebagainya.

Full Text:

PDF

References


Abdur Rouf Hanifuddin, Mohammad. Hingar Bingar Dunia Pendidikan: Wacana Dan Kritik Atas Pendidikan Hari Ini. Malang: Bintang Sejahtera Press, 2014.

Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah. Pesantren Tradisi Dan Kebudayaan. Cetakan Ke-1. Yogyakarta: LKiS, 2019.

Afandi, Muhammad, Evi Chamalah, dan Oktarina Puspita Wardani. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press, 2013.

Ali, Aisyah M. Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasinya. Cetakan Ke1. Jakarta: Kencana, 2018.

Ali, Zainuddin. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran Islam. Cetakan Ke-2. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Aminuddin, Aliaras Wahid, dan Moh. Rofiq. Membangun Karakter Dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam. Cetakan Ke-1. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Anshori, Isa. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah”, dalam Jurnal Halaqa No. 1 Vol. 2 (Desember 2017)

Barker, Chris. Cultural Studies: Teori Dan Praktik. Cetakan Ke-11. Bantul: Kreasi Wacana, 2018.

———. Kamus Kajian Budaya. Cetakan Ke-5. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2018.

Barnawi, dan M. Arifin. Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Cetakan Ke-1. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Hidayat, Ara. “Pendidikan Islam Dan Lingkungan Hidup”. Dalam Jurnal Pendidikan Islam Vol. 04 No. 02 (Desember 2015).

Hidayat, Nur. “Nilai-Nilai Ajaran Islam Tentang Perdamaian: Kajian Antara Teori Dan Praktek”. Dalam Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama Vol. 17 No. 1 (2017).

Hilmy, Masdar. Pendidikan Islam Dan Tradisi Ilmiah. Malang: Madani, 2016.

Idrus, Muhammad. Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial : Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga, 2009.

Piotr Sztompka, Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: Pernada Media Grup, 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/nusantara.v17i1.13805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  Nusantara; Journal for Southeast Asian Islamic Studies Indexed By:

   

Mailing Address:

Nusantara Journal for Southeast Asian Islamic Studies is published by Institute for Southeast Asian Islamic Studies (ISAIS) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.